get app
inews
Aa Read Next : Di Pertengahan Syawal Ada Pekan Emas: Puasa Senin Kamis, Syawal dan Ayyamul Bidh Dapat Digabungkan 

Puasa Ayyamul Bidh Bulan Rajab, Dalil dan Waktunya

Rabu, 02 Februari 2022 | 11:00 WIB
header img
Puasa Ayyamul Bidh Bulan Rajab. (Foto: Freepik)

PUASA ayyamul bidh Bulan Rajab 1443 Hijiriah patut diketahui Muslim. Puasa ayyamul bidh dilakukan setiap pertengahan bulan atau pada tanggal 13, 14, 15 di tahun  hijriah. 

Nah pada bulan Rajab puasa ayyamul bidh pada 13, 14 dan 15 Rajab atau bulan Februari bertepatan dengan tanggal 14, 15 dan 16. Setiap Muslimin pun hendaknya mengerjakan puasa ini, sebab tersimpan keutamaan besar di baliknya.

Sebagaimana diketahui bahwa puasa ayyamul bidh disebut juga puasa hari-hari putih. Pasalnya saat hari pelaksanaannya, bulan di langit sedang bersinar sangat terang atau tampak lebih putih dari biasanya.

Puasa ayyamul bidh memiliki keutamaan yang sangat besar. Pahalanya yang diberikan Allah Azza wa Jalla untuk orang yang menunaikannya sama seperti melakukan puasa sepanjang tahun.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari riwayat Abdullah bin Amr bin Al Ash, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Artinya: "Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun." (HR Bukhari Nomor 1979)

Kemudian dalam riwayat dari Abu Dzar, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Artinya: "Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan hijriah)." (HR Tirmidzi Nomor 761 dan An Nasai Nomor 2425. Abu Isa Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan)

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut