Dengan mengusung tema “Transportasi Aman, Liburan Nyaman”, jajaran KAI Daop 5 Purwokerto mulai dari staf hingga top management akan melakukan posko Angkutan Nataru guna memastikan operasional dan pelayanan kepada penumpang berjalan dengan baik.
Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis dipastikan siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati.
"KAI Daop 5 Purwokerto konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di high season seperti Angkutan Nataru," ujarnya.
Ia menjelaskan jika keselamatan dan keamanan kereta api menjadi prioritas utama. Termasuk terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik rawan bencana, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat, serta meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar.
Di samping itu, KAI juga telah memastikan keandalan sarana dan prasarana, bersama Kementerian Perhubungan dengan melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian sarana dan prasarana untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima. "KAI juga telah melaksanakan Inspeksi Bersama oleh BOD & BOC di seluruh lintas termasuk Daop 5 Purwokerto," katanya.
Sementara dari sisi fasilitas, KAI juga telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari pelanggan memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, dan kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan.
"KAI Daop 5 Purwokerto juga menyiagakan Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 150 personil yang tersebar di 33 stasiun," ucapnya.
Melalui persiapan yang matang, diharapkan moda transportasi KA selama masa Angkutan Nataru ini dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar, dan terkendali. Sehingga para pelanggan KA yang akan menikmati perjalanan liburan akhir tahun dengan nyaman dan tercipta kepuasan pelanggan.
Editor : Arbi Anugrah