get app
inews
Aa Read Next : Promo Berkah Ramadhan, Kuliah di UMP Dapat Diskon Biaya SPP dan Gratis Pendaftaran Pascasarjana

Pengumuman Kompetisi Olimpiade Siswa Tingkat Nasional, Ini Pemenang OSTN 2023

Jum'at, 22 Desember 2023 | 18:10 WIB
header img
Pengumuman Kompetisi Olimpiade Siswa Tingkat Nasional, Ini Pemenang OSTN 2023. Foto: Yapresindo

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.idOlimpiade Siswa Tingkat Nasional (OSTN) 2023 yang digelar Yapresindo telah dilaksanakan secara online melalui website cbt.pusatprestasi.id pada Minggu, (17/12) lalu. Tujuan kompetisi OSTN 2023 adalah menyediakan wahana bagi generasi muda Indonesia untuk mengembangkan minat dan bakat pada bidang sains dan teknologi.

"Mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk jenjang Pendidikan selanjutnya, mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk bersaing pada ajang OSN dari Pusat Prestasi Nasional," kata Alumni Medalis Olimpiade Astronomi Internasional di Korea Selatan, Rizki Wahyu P dalam keterangannya, Jumat (22/12/2023).

Rizqi mengatakan, hasil dari kompetisi OSTN 2023 yang juga tersedia untuk jenjang Perguruan Tinggi ini telah diumumkan pada hari Selasa 19 Desember 2023 pukul 13.00 WIB. 

"Pengumuman dapat dilihat pada akun cbt masing-masing peserta. Caranya dengan login ke website cbt.pusatprestasi.id kemudian klik icon pengumuman atau pengeras suara pada bidang OSTN 2023. Pengumuman juga bisa diunduh di bit.ly/HASILOSTN2023," kata Rizki.

Dalam kesempatan ini, Rizki juga mengucapkan selamat bagi para peserta yang telah menjadi pemenang pada ajang kompetisi OSTN 2023 ini.

"Yapresindo dan panitia mengucapkan selamat, turut senang juga bangga kepada para pemenang atas pencapaiannya yang luar biasa di Olimpiade Siswa Tingkat Nasional 2023. Bagi yang belum menjadi pemenang di kompetisi OSTN 2023, jangan patah semangat. Masih ada jalur prestasi di kompetisi Yapresindo selanjutnya yang sudah menanti. Jadi tetap belajar dan semangat selalu untuk para pelajar Indonesia," ujarnya.

Dalam kompetisi ini, bukan hanya pelajar tingkat SD, SMP dan SMA, akan tetapi para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia mengikuti kompetisi OSTN 2023.

Salah satunya adalah Reyfando Aulia, pelajar SMAN 77 Jakarta yang mendapat peringkat pertama di bidang Informatika. Ia mengatakan jika semuanya tak lepas dari olimpiade yang diadakan oleh Yapresindo, sehingga dirinya makin giat belajar meraih prestasi.

"Mengikuti kompetisi OSTN 2023 pastinya puas banget, setelah liat pengumuman hasil ujian dan saya bisa dapet medali emas serta peringkat pertama di bidang informatika. Alhamdulillah dan terimakasih untuk Yapresindo sudah ngadain olimpiade ini, sukses terus kedepannya," kata Reyfando.

Siswa lainnya, Muhammad Rasyid Nikris dari SMA PGRI Gelumbang mengatakan jika kompetisi OSTN 2023 yang diadakan Yapresindo sangat membantu dan mengasah serta meningkatkan pengetahuannya. 

"Setelah saya mengikuti OSTN 2023 yang pasti memberikan banyak pengalaman bagi saya, soal soal yang diberikan juga sangat membantu saya dalam meningkatkan dan mengasah pengetahuan saya," jelasnya.

Tak hanya dari kalangan pelajar, mahasiswi Universitas Negeri Makassar, Fatona Lentang juga merasakan manfaat dari olimpiade Nasional yang sangat bergengsi ini.

"Yang saya rasakan dalam mengikuti olimpiade Yapresindo ini senang karena tidak menyangka bisa menang, semoga kedepannya soal- soal yang di adakan Yapresindo ini bisa menjadi referensi bagi saya dalam olimpiade berikutnya . Harapannya semoga yapresindo dapat menyelenggarakan event - event yang berkualitas lainnya," jelasnya.

Mahasiswi lain dari Institut Pertanian Bogor, Miftah Hayyun Utami mengatakan hal serupa, olimpiade ini menurutnya dapat nambah pengalaman dalam berkompetisi. Meski tidak mudah untuk bisa menjawab semua pertanyaan dengan bener.

"Sering deg degan dan ga yakin dengan jawaban sendiri ditambah waktunya yang bikin tambah deg degan. Dari sini juga saya jadi tahu bagimana kemampuan saya dalam memahami materi yang telah saya pelajari sebelumnya," ucapnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut