get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Kebumen Alokasikan Rp9,2 Miliar Beli 154 Ribu Lebih Zak Semen

Pemkab Kebumen Rapat Antisipasi Kenaikan Harga Sembako

Sabtu, 23 Desember 2023 | 08:45 WIB
header img
Pemkab Kebumen menyelenggarakan rapat koordinasi ekonomi keuangan industri dan perdagangan. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Untuk mengetahui kesiapan semua pihak terkait menghadapi Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Pemkab Kebumen menyelenggarakan rapat koordinasi ekonomi keuangan industri dan perdagangan (Rakor Ekuinda) di Trio Azana Style pada Jumat (23/12/2023)

Rapat ini dipimpin oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, didampingi oleh Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, serta dihadiri oleh seluruh jajaran Forkopimda, berbagai instansi seperti OPD, TNI/Polri, perwakilan BUMN dan BUMD, serta pihak terkait lainnya.

"Bupati menjelaskan bahwa Rapat Ekuinda kali ini adalah forum strategis untuk mengikuti arahan Mendagri terkait stabilisasi pangan dan inflasi menjelang Nataru. Selain itu, rapat ini juga bertujuan untuk menindaklanjuti pertemuan serupa di tingkat provinsi Jawa Tengah beberapa waktu yang lalu," ungkapnya.

Bupati juga menyoroti gejala umum yang terjadi menjelang Nataru, yaitu kenaikan harga barang kebutuhan pokok seperti sembako. "Kenaikan harga kebutuhan pokok ini disebabkan oleh peningkatan permintaan masyarakat. Selain itu, ada peningkatan kebutuhan sarana transportasi dan infrastruktur, serta meningkatnya risiko lalu lintas karena volume kendaraan melebihi kapasitas jalan, berpotensi menyebabkan kecelakaan dan kemacetan," jelasnya.

Selain itu, Rakor juga diadakan untuk mengantisipasi peningkatan gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat, serta untuk mencegah peredaran makanan/minuman yang tidak layak konsumsi (kedaluwarsa) dan masalah lainnya.

"Bupati berharap bahwa melalui Rapat Koordinasi ini, kondisi yang diinginkan dapat terwujud, termasuk pemenuhan kebutuhan bahan pokok, kelancaran transportasi, dan ketertiban masyarakat," katanya.

Bupati juga menyampaikan langkah-langkah konkret yang telah diambil oleh Pemerintah Kabupaten, seperti melaksanakan operasi pasar, meningkatkan razia minuman keras, serta mendirikan pos-pos pengamanan.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut