get app
inews
Aa Read Next : Diperbolehkan Tidak Menggunakan Masker, Ini Syarat Terbaru Naik Kereta Api Mulai 12 Juni 2023

Setahun Pandemi, Survei : Banyak Masyarakat Indonesia yang Tidak Tahu Covid-19

Minggu, 18 Juli 2021 | 20:34 WIB
header img
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19 (Foto: Aryo Rizqi).

JAKARTA, iNews.id - Setahun lebih sudah pandemi Covid-19 menghantam Indonesia, fakta mengejutkan muncul. Dimana masih ada warga yang tidak tahu Covid-19

Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkapkan dalam survei yang melibatkan 1.200 responden melalui sambungan telepon pada Juni 2021 sekitar 3,9 persen warga tidak mengetahui sama sekali Covid-19. 

Kemudian, 29,3 persen hanya mengetahui sedikit tentang Covid-19. Sisanya, atau sekitar 66,5 persen sudah tahu dan sangat mengetahui tentang Covid-19.  

“Secara umum pengetahuan masyarakat tentang Covid-19 ini mayoritas mengetahui ada 66,5 persen. Tetapi yang merasa tahu sedikit pada Juni 2021 ini di kisaran sekira 33 persen,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis survei virtual, dikutip iNews.id Minggu (18/7/2021). 

Angka tersebut, kata dia, cenderung meningkat dibandingkan dengan data enam bulan sebelumnya pada Desember 2020. “Ini berarti masyarakat merasa pengetahuannya meningkat selama enam bulan terakhir, dari Desember 2020 sampai Juni 2021,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof dr, Amin Soebandrio PhD, SpMK, turut menyoroti temuan tersebut. Dia mengaku heran sudah satu tahun pandemi berlalu, tetapi masih ada yang tidak mengetahui tentang Covid-19. 

“Mereka yang dijadikan responden adalah yang bisa dihubungi melalui handphone. Saya bertanya-tanya, kalau mereka punya handphone, kok masih ada ya, 4 persen yang sama sekali tidak mengetahui ada Covid-19? Kalau benar adanya seperti itu, maka ini tentu menjadi PR buat kita semua. Tidak hanya Satgas, tidak hanya Kemkes, tetapi kita semuanya,” ujar Prof Amin.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut