PKS Banyumas Kurban 7 Sapi dan 36 Kambing, Penyembelihan Dilakukan Besok

Masruri
.
Selasa, 20 Juli 2021 | 10:51 WIB
Ketua Majelis Syura PKS Dr Salim dan Ketua DPD PKS Banyumas, Setya Ari Nugraha.

PURWOKERTO, iNews.id - Pada momen Hari Raya Idul Adha 1442 H, DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Banyumas akan menyembelih hewan kurban sebanyak 7 sapi dan 36 kambing.

"Untuk tahun ini, alhamdulillah kami akan melakukan ibadah kurban sebanyak 7 sapi dan 36 kambing. Untuk penyembelihan akan dilakukan besok," kata Ketua DPD PKS Banyumas, Setya Ari Nugraha, Selasa (20/7/2021).

Tidak seperti pada umumnya, DPD PKS lebih memilih penyembelihan di hari kedua Hari Raya Idul Adha 1442 H. Pada hari pertama ini, pihaknya akan melihat terlebih dahulu wilayah-wilayah pembagian daging kurban di Banyumas.

"Ini sengaja kami lakukan dan sudah menjadi rutinitas setiap tahun. Agar pembagian daging kurban lebih merata. Jadi kami lihat dulu, jika ada yang belum merata kami akan salurkan di wilayah tersebut," katanya.

Untuk teknisnya, panitia penyembelihan dan pembagian kurban akan diserahkan ke setiap daerah pemilihan (dapil). "Kita sudah bagi juga ke tiap dapil dan akan dikelola masing-masing dapil," katanya.

Ia memastikan, penyembelihan huwan kurban akan dilakukan sesuai dengan instruksi dari pusat mengenai protokol kesehatan (prokes) yang harus tetap dijaga. 

"Kita mewajibkan secara struktur dari pusat ke daerah untuk mengikuti instruksi dari presiden. Juga Dewan Syariah Pusat, dalam situasi seperti ini masyarakat harus tetap mematuhi prokes serta tentunya banyak memanjat taubah agar penyebaran Covid-19 bisa segera diatasi," katanya.

Terkait Idul Adha 1442 H di masa pandemi Covid-19, baginya, adalah momen yang tepat untuk bisa beribadah dan menguatkan kebersamaan dengan semangat saling berbagi.

"Dari yang saya pantau, pada masa pandemi ini baik di internal partai ataupun masyarakat ada peningkatan hewan kurban. Ini jadi bentuk naiknya kesadaran kolektif masyarakat dalam menghadapi masa sulit. Juga sebagai pendekatan spiritual yang diyakini dan bisa menenangkan dalam masa pandemi Covid-19," katanya.

Editor : Masruri
Bagikan Artikel Ini