Malam Idul Adha di Banyumas Tanpa Petasan dan Takbir Keliling

Elde Joyosemito
.
Selasa, 20 Juli 2021 | 13:32 WIB
Polresta Banyumas laksanakan patroli saat malam jelang Idul Adha. (Foto: Dok Polresta Banyumas)

PURWOKERTO, iNews.id- Malam menjelang Idul Adha di Banyumas tidak ada petasan maupun takbir keliling. Hal itu merupakan bentuk kesadaran masyarakat dalam mentaati PPKM Darurat yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol M Firman L Hakim melalui Kabag Ops Polresta Banyumas Kompol Aldino Agus Anggoro memberikan apresiasi, karena tidak ada takbir keliling maupun petasan pada Senin (19/7/2021) malam. “Ini membuktikan bahwa masyarakat Kabupaten Banyumas, telah taat mengikuti anjuran pemerintah pada masa PPKM)Darurat Jawa-Bali. Sehingga malam Idul Adha benar-benar tertib,”jelasnya Selasa (20/7/2021).

Kapolresta mengatakan pihaknya mengerahkan personel dari Polresta Banyumas untuk melaksanakan patroli. Mereka berkeliling di Kota Purwokerto hingga wilayah pinggiran Banyumas. “Dari laporan sejumlah anggota di lapangan, tidak ditemukan adanya perayaan berlebih. Meski demikian, kami terus melakukan patroli, untuk meminimalisasi kejadian yang tidak diinginkan,”ujarnya.

Selain malam Idul Adha, pada pelaksanaan salat Idul Adha juga berlangsung tertib. Masyarakat kebanyakan salat di rumah masing-masing. “Kami juga melakukan pengamanan pada saat pagi harinya, dengan mengecek ke sejumlah daerah, terkait pelaksanaan salat Idul Adha. Dari pantauan kami, masyarakat Banyumas sangat tertib mengikuti anjuran pemerintah,”jelasnya.

Setelah pemantuan salat Idul Adha, personel kepolisian melaksanakan patroli pelaksanaan pemotongan hewan kurban. “Ada memang yang melaksanakan pemotongan secara mandiri. Tetapi, mereka taat aturan dengan melaksanakan prokes secara ketat. Sebagian masyarakat membawa hewan kurban ke RPH seperti imbauan pemerintah,”tambahnya.

 

Editor : Elde Joyosemito
Bagikan Artikel Ini