Banyak Berita Menyesatkan Tentang Covid-19, Menkominfo Minta Platform Medsos Hapus Berita Hoaks

Tim iNews.id
.
Selasa, 20 Juli 2021 | 19:40 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate (Foto : Kemenkominfo).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengadakan pertemuan virtual dengan para pimpinan platform media sosial di Indonesia. Pertemuan ini untuk menegaskan kembali tanggung jawab platform dalam penanganan hoaks di masa pandemi Covid-19

Dia meminta agar pengelola platform media sosial dapat lebih aktif membersihkan ruang digital Indonesia dari dampak pernyebaran kabar menyesatkan terkait Covid-19 atau fenomena infodemi yang masih terus terjadi.

“Saya menyesalkan banjir informasi yang tidak tepat dan sangat memengaruhi laju pemulihan pandemi Covid-19 di Indonesia," ujar Johnny dalam keterangan persnya dilansir iNews.id, Selasa (20/7/2021). 

Untuk itu Johnny menginstruksikan kepada semua platform digital lebih proaktif melakukan penanganan konten hoaks. 

Selain itu platform juga diminta turut menyebarkan informasi kebijakan dan penanganan Covid-19 oleh pemerintah, termasuk percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan. 

“Penyebaran berita bohong sangat mempengaruhi pemikiran manusia, yang menjadi taruhan adalah nyawa saudara-saudari kita sebangsa Indonesia. Sudah banyak yang jadi korban dari penyebaran infodemi yang kian masif ini, kita tidak boleh menyerah kalah,” katanya.
 

 

Editor : Aryo Arbi
Bagikan Artikel Ini