get app
inews
Aa Read Next : Mulai 22 Januari Pendakian Gunung Prau Ditutup Total hingga April 2024

10 Istilah Pendakian yang Wajib Diketahui Anak Gunung saat Berpetualang di Alam Bebas

Jum'at, 19 Januari 2024 | 19:58 WIB
header img
10 Istilah Pendakian yang Wajib Diketahui Anak Gunung saat Berpetualang di Alam Bebas. Foto: pendakicantik

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Kegiatan alam bebas seperti mendaki gunung memang kian diminati oleh kalangan generasi muda. Apalagi mendaki gunung dianggap sebagian kalangan sebagai hobi yang sangat menantang dan menyenangkan.

Untuk menyalurkan kegiatan alam bebas yang satu ini, pendaki dapat mengunjungi berbagai gunung yang indah di Indonesia. Terlebih, setiap gunung memiliki medan yang dapat memberikan tantangan tersendiri bagi para pendaki.

Namun demikian, di balik kegiatan pendakian yang dilakukan sebagian kalangan pegiat alam bebas, terdapat berbagai istilah pendakian yang wajib para pendaki gunung ketahui.

Sebab, kini banyak para pendaki yang hanya mengejar popularitas mendaki gunung hanya untuk kebutuhan media sosial, tapi kurang memiliki pengetahuan soal pendakian. Apalagi, ketika mendaki gunung diperlukan kemampuan menavigasi dan memahami medan yang akan dihadapi selama pendakian nantinya.

Maka dari itu, bagi kalian yang tertarik untuk mengenal kegiatan alam bebas seperti mendaki gunung, sangat penting untuk memahami berbagai istilah yang sering digunakan saat melakukan pendakian. Berikut berbagai istilah pendakian yang wajib Anda ketahui seperti dikutip dari Okezone berikut ini.

10 Istilah saat Mendaki Gunung

1. Ranger

Ranger merupakan seseorang yang bertugas menjaga dan mengelola kawasan gunung yang sering dikunjungi oleh para pendaki.

Tugas utama seorang ranger adalah memberikan informasi yang sangat penting mengenai situasi di sekitar gunung, seperti cuaca, jalur pendakian, dan segala hal yang berkaitan dengan keselamatan para pendaki.

2. Guide

Guide adalah seorang pemandu yang sangat berpengalaman yang bertugas memberikan arahan dan panduan kepada para pendaki agar tetap berada di jalur yang aman dan terkendali.

Tugas utama seorang Guide adalah memastikan keamanan dan keselamatan para pendaki dengan memberikan informasi mengenai rute, kondisi jalur, dan memberikan panduan selama perjalanan.

3. Simaksi

Simaksi merupakan kepanjangan dari Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi. Sebelum memulai pendakian, setiap pendaki wajib mendaftar kepada pengelola kawasan gunung untuk mendapatkan surat izin tersebut. Surat izin ini memiliki peran penting sebagai bukti legalitas yang memungkinkan pendaki untuk menjelajahi dan menikmati keindahan kawasan konservasi tersebut.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut