get app
inews
Aa Read Next : 11 Mahasiswa Unsoed Belajar Satu Semester di LN, Ada yang di Spanyol, Irlandia hingga Rusia 

Webometrics 2022 Tempatkan UI di Ranking 1, Unsoed Ranking Berapa?

Sabtu, 05 Februari 2022 | 18:05 WIB
header img
Kampus Unsoed Purwokerto. (Dokumentasi Unsoed)

PURWOKERTO, iNews.id - Webometrics Ranking of World Universities 2022 menempatkan Universitas Indonesia di ranking pertama dari 1.144 perguruan tinggi (PT) yang ada di Indonesia. Sedangkan berikutnya ditempati UGM Yogyakarta, Unibraw Malang, IPB University, Unair, UNS, ITS, Telkom University, ITB dan Universitas Lampung.

Hasil ini hasil pemeringkatan diperbarui pada Jumat (4/2/2022) kemarin.  Untuk diketahui, Webometrics Ranking of World Universities merupakan pemeringkatan yang dilakukan Cybermetrics Lab, sebuah riset grup di bawah naungan Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) yang menjadi lembaga riset publik terbesar di Spanyol.  


Webometrics Ranking untuk PT di Indonesia

Lalu di ranking berapa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto? Unsoed menempati ranking ke 56 dari 1.144 PT yang ada di Indonesia. Sedangkan kalau World Rank ada di posisi 4.163. Lima universitas di bawah Unsoed ada UMM, Universitas Halu Oleo Kendari, Universitas Trisakti. Universitas Teknokrat Indonesia dan Unika Atma Jaya.


Webometrics Ranking untuk Unsoed

Sedangkan tiga PT yang ada di atas Unsoed adalah Universitas Negeri Jakarta, Universitas Kristen Maranatha dan Universitas Malilussaleh.

Ada tiga indikator yang digunakan dalam Webometrics untuk menilai kualitas setiap perguruan tinggi, yaitu visibility (impact) sebesar 50 persen, transparency (opennes) sebesar 10 persen, dan excellence (scholar) sebesar 40 persen.  

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut