get app
inews
Aa
Read Next : Pringsewu Restaurant Group Berkolaborasi dengan Sekolah Vokasi UGM 

Ini 15 PTN Terbaik Indonesia versi Webometrics 2022, UI Teratas

Jum'at, 14 Januari 2022 | 19:24 WIB
header img
Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI

JAKARTA, iNews.id - Webometrics mengumumkan daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan juga di dunia melalui Webometrics Ranking of World Universities edisi Januari 2022. Dalam daftarnya ada 2.593 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan terbaru Webometrics yang dinilai berdasarkan tiga indikator.

Melansir laman Webometrics, Jumat (14/1/2022) ada tiga indikator penilaian dalam menentukan peringkat perguruan tinggi terbaik Indonesia. Yakni impact atau visibility dengan bobot penilaian sebanyak 50%, openness atau transparency yang memiliki bobot 10%, kemudian excellence yang mempunyai bobot 40%.

Pemeringkatan Webometrics dilakukan oleh Cybermetric Lab yaitu kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol terhadap lebih dari 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di dunia.

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.

Dikutip dari laman resminya, berikut ini 15 PTN terbaik di tanah air versi Webometrics 2022.

1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat dunia: 728

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat dunia: 852

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut