get app
inews
Aa Read Next : Traveling di Musim Hujan, Persiapkan 7 Hal Ini Agar Liburan Makin Menyenangkan

10 Tips Aman Mendaki Gunung saat Musim Hujan

Sabtu, 20 Januari 2024 | 19:24 WIB
header img
Ilustrasi pendaki Foto: dok Freepik

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Tips aman mendaki gunung saat musim hujan perlu diketahui para pegiat alam bebas yang gemar melakukan pendakian. Terlebih mendaki gunung saat musim hujan memang membutuhkan persiapan ekstra agar perjalanan tetap aman dan menyenangkan.

Lantas seperti apa persiapan yang harus dilakukan para pendaki ketika akan mendaki gunung selama musim hujan. Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Persiapan fisik maksimal

Penting sekali untuk mempersiapkan kondisi fisik sebelum melakukan pendakian. Terutama saat musim hujan, Anda harus lebih siap secara fisik agar dapat menghadapi tantangan yang mungkin muncul.

Anda perlu bertahan dari hawa dingin dan terus beraktivitas. Karena jika Anda tidak bergerak, tubuh akan semakin merasa dingin dan dapat menyebabkan hipotermia.

Mempersiapkan diri untuk pendakian yang melelahkan memang penting, dan salah satu caranya adalah dengan makan dengan benar dan tidur yang cukup. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat dan lemak, karena ini akan memberikan energi dan kehangatan yang dibutuhkan selama pendakian. 

Jadi, jangan lupa untuk menjaga pola makan yang seimbang dan mendapatkan istirahat yang cukup sebelum memulai petualangan mendaki gunung yang menantang!

2. Gunakan perlengkapan tahan air

Pastikan Anda menggunakan perlengkapan sepatu, baju, dan tas yang tahan air ketika mendaki di musim hujan. Barang-barang ini akan menjadi penyelamat Anda dalam cuaca yang tidak bersahabat.

Pastikan Anda selalu menggunakan pakaian yang tahan air agar terlindungi dari guyuran hujan dan terhindar dari kebasahan atau rasa dingin yang tidak nyaman.

Jangan lupa, persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi kemungkinan terburuk saat mendaki di musim hujan. Pastikan Anda menggunakan pakaian dan perlengkapan yang sesuai agar tetap nyaman dan aman selama perjalanan.

Pilihan pakaian luar ruangan yang paling baik adalah yang ringan, nyaman, dan terbuat dari bahan sintetis seperti nilon dan polipropilena.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut