get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Purbalingga Hibahkan Tanah 17.209 Meter Persegi untuk Pembangunan Mapolres

Festival Gunung Slamet di Purbalingga Jadi Bagian Dari Ratusan Event Kharisma Nusantara 2024

Senin, 29 Januari 2024 | 19:30 WIB
header img
Festival Gunung Slamet di Purbalingga Jadi Bagian Dari Ratusan Event Kharisma Nusantara 2024. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 merupakan inisiatif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia untuk membangkitkan kembali event-event daerah dan memperkuat kerjasama antara Kemenparekraf, Pemerintah Daerah, dan semua pihak terkait dalam industri pariwisata. Tujuan utamanya adalah meningkatkan citra pariwisata, menggerakkan sektor pariwisata, serta memajukan ekonomi kreatif di Indonesia.

Pada tahun ketiganya, KEN 2024 kembali menghadirkan 110 event unggulan yang telah dikurasi dari 252 event yang diajukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi di seluruh Indonesia. Salah satu event yang menarik perhatian adalah Festival Gunung Slamet yang diadakan oleh Desa Serang Purbalingga.

“Setelah dilakukan paparan dan seleksi, akhirnya FGS berhasil lolos menjadi salah satu event berkualitas yang ditetapkan oleh Kemenparekraf pada KEN 2024,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Purbalingga, Prayitno, Senin (29/1/2024).

Dia menjelaskan, mulai dari seleksi hingga kurasi event ini dimulai sejak bulan Oktober 2023 lalu. FGS yang telah diadakan secara rutin hingga enam kali berhasil lolos setelah bersaing dengan 252 usulan event dari seluruh Indonesia melalui tiga tahap seleksi utama KEN 2024, yaitu seleksi administrasi, konten, dan wawancara.

"Di tahun ini, tahapan seleksi melibatkan Tim Kurator yang terdiri dari lima bidang. Diantaranya Bidang Ide dan Inovasi, Bidang Pemasaran dan Strategi Komunikasi, Bidang Manajemen Kegiatan, Bidang Manajemen Keuangan, dan Bidang Analisis Dampak," ujarnya.

Prayitno berharap, terpilihnya FGS sebagai salah satu event tingkat nasional, akan menarik minat para wisatawan dan menciptakan multi layer effect bagi masyarakat. Ini akan memberikan manfaat bagi pelaku pariwisata, pelaku UMKM, pengusaha akomodasi wisata, pengusaha kuliner, dan juga pelaku usaha jasa pariwisata lainnya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut