get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

KKN, Mahasiswa UIN SAIZU Purwokerto Gelar Sosialisasi Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami

Sabtu, 03 Februari 2024 | 07:35 WIB
header img
Mahasiswa UIN SAIZU Purwokerto yang tengah KKN di Desa Kaleng, Kecamatan Puring, Kebumen menyelenggarakan sosialisasi mitigasi gempa bumi dan tsunami. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Mahasiswa UIN SAIZU Purwokerto yang tengah KKN di Desa Kaleng, Kecamatan Puring, Kebumen menyelenggarakan sosialisasi mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami.

Mahasiswa UIN bekerja sama dengan BNPB, BPBD Kebumen dan Pemdes Kaleng. Para mahasiswa tergabung dalam KKN Kelompok 12 UIN SAIZU Purwokerto. Sosialisasi tersebut berlangsung pekan lalu yang dihadiri oleh 30 orang warga Desa Kaleng dan sekitarnya, serta beberapa perwakilan dari pemerintah desa dan organisasi desa.

Acara ini menghadirkan tiga narasumber dari BPBD Kebumen yakni Kepala BPBD Kebumen Rokhayun, Didik Eko Setyo Aji dan Nurudin Triko Nugroho. Ketiganya memberikan materi tentang pengertian, penyebab, dampak, dan cara mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami, serta memberikan simulasi dan praktik langsung kepada peserta.

Kepala BPBD Kebumen mengatakan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami. 

"Kami berharap dengan adanya acara ini, masyarakat dapat memahami dan menerapkan langkah-langkah mitigasi bencana, baik sebelum, saat, maupun setelah terjadi bencana, sehingga dapat mengurangi kerugian jiwa dan materi," ujarnya.

Sementara Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kebumen Didik Eko Setyo Aji menjelaskan bahwa mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami meliputi beberapa aspek, seperti perencanaan, pembangunan, pelatihan, dan penyuluhan. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut