get app
inews
Aa Read Next : Hebat, 3 Mahasiswa Unsoed Raih Silver Medal di Mandalika Essay Competition

Mengapa Para Guru Besar Unsoed Ikut Bicara Kemunduran Demokrasi? Ini Alasannya

Kamis, 08 Februari 2024 | 08:58 WIB
header img
Koordinator Lapangan Laskar Poetra Soedirman Menggugat Prof Hibnu Nugroho aksi ini merupakan peringatan kepada pemerintah. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Puluhan guru besar bersama dosen, mahasiswa dan alumni menggelar dekalarasi Laskar Poetra Soedirman Menggugat. Yang menarik, sebelumnya Rektor Unsoed Prof Akhmad Sodiq membuat video yang mengapresiasi kinerja Presiden Joko Widodo. 

Koordinator Lapangan Laskar Poetra Soedirman Menggugat Prof Hibnu Nugroho mengakui bahwa apa yang disampaikan oleh Rektor berbeda dengan aspirasi yang disampaikan para guru besar dan civitas akademika. 

“Kami berkumpul di sini untuk mengingatkan pemerintah. Memang berbeda dengan pernyataan Pak Rektor sebelumnya,”kata Prof Hibnu usai deklarasi Laskar Poetra Soedirman Menggugat di depan patung Jenderal Soedirman, Unsoed, Purwokerto pada Rabu (8/2/2024).

Menurutnya, deklarasi tersebut juga untuk sekaligus untuk membersihkan pernyataan Rektor Unsoed sebelumnya. 

“Pernyataan Pak Rektor memang berbeda dengan Laskar Poetra Soedirman Menggugat karena ada faktor X. Ini murni suara guru besar dan civitas akademika,”tegasnya.

Sehingga sentimen positif Unsoed akan kembali meningkat karena sebelumnya muncul sentimen negatif.

Dia mengatakan bahwa saat ini di Indonesia, adanya krisis keteladanan, penegakan hukum yang tidak maksimal. Sehingga pemerintah harus melakukan evaluasi agar tidak ada lagi Reformasi jilid dua. Makanya pemerintah harus kembali ke aturan dan etika yang ada untuk membuat rakyat tenang.

“Kalau kita lihat saat ini ada krisis keteladanan, krisis moralitas, penegakan  hukum yang tidak maksimal. Kita lihat angka korupsi itu anjlok dalam sejarah Pemerintahan. Sehingga permintaan berikutnya, harus evaluasi bagaimana kondisi saat ini untuk tetap dan kembali kepada koridor, agar rakyat tenang,”tandasnya. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut