get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan KPU Banyumas Belum Umumkan Hasil Perolehan Suara Calon Terpilih Legislatif Pemilu 2024

Hari Pers Nasional 2024, Ketua PWI Banyumas: Media Harus Menjaga Marwah Demokrasi

Jum'at, 09 Februari 2024 | 17:17 WIB
header img
Hari Pers Nasional 2024. Foto: Ist

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Hari Pers Nasional (HPN) dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 9 Februari atau hari ini, Jumat (9/2/2024). HPN 2024 di tengah hiruk-pikuk pesta demokrasi, pers atau media memiliki tugas yang berat untuk tetap menjaga marwah demokrasi.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banyumas, Liliek Dharmawan mengatakan jika Hari Pers Nasional 9 Februari sekaligus juga hari ulang tahun PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) yang ke-78. Ini menjadi salah satu hal yang urgent pada saat sekarang.

"Kenapa? karena pers di masa transisi kekuasaan memiliki tugas yang tidak mudah. Media sebagai The Fourt Estate atau pilar ke-4 demokrasi harus tampil sebagai media yang independen, media yang mampu memberikan kontrol sosial, sekaligus juga menjadi media yang mampu mengedukasi," kata Liliek kepada wartawan saat memperingati Hari Pers Nasional di balai wartawan Purwokerto.

Menurut dia, dalam konteks Pemilu, tentu media harus mampu mengedukasi para pemilih yang nantinya akan menyalurkan aspirasinya pada tanggal 14 Februari.

"Yang tidak kalah penting menurut saya, bahwa media ini juga harus menjaga, atau sebagai garda penjaga demokrasi. Kalau sekarang itu barangkali banyak suara-suara kritis, tentu saja media harus sama seperti yang dilakukan oleh kelompok kritis yang lain, kerana kita memiliki 1 fungsi kontrol sosial di dalam masyarakat," jelasnya.

Maka dari itu, siapapun nantinya yang akan memimpin bangsa Indonesia, tentu saja pers atau media harus mengawal prosesnya. Sebab, proses ini menjadi penting supaya mereka yang terpilih memiliki legitimasi yang kuat.

"Artinya bahwa media harus tetap menjaga proses demokrasi atau proses pemilihan, dalam pemilihan umum presiden, baik itu Pilpres maupun pemilihan yang lain dengan menjaga marwah demokrasi itu sendiri. Ini saya kira yang menjadi tugas berat sekaligus tugas besar. Mungkin tidak mudah, tapi ini suatu hal yang harus dilakukan," pungkasnya.

Dalam perayaan Hari Pers Nasional kali ini, turut hadir sejumlah perwakilan instansi di Kabupaten Banyumas. Mereka turut mengucapkan selamat Hari Pers Nasional dan ulang tahun PWI ke-78.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut