get app
inews
Aa Read Next : Kenaikan UKT yang Menjulang di Unsoed, Ratusan Mahasiswa Geruduk Rektorat dan Sempat Memanas

Hebat, 3 Mahasiswa Unsoed Raih Silver Medal di Mandalika Essay Competition

Kamis, 07 Maret 2024 | 22:27 WIB
header img
Tiga mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berhasil meraih Silver Medal di Mandalika Essay Competition. Foto: Dok Unsoed

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Tiga mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berhasil meraih Silver Medal di Mandalika Essay Competition 4. Tiga mahasiswa Unsoed Purwokerto tersebut berhasil menyisihkan 78 tim dari berbagai universitas di Indonesia dengan judul Essay Patch Inovatif Kombinasi Ekstrak Jahe Merah (Zingiber officinale var. rubrum) Dan Daun Kemangi (Ocimum basilicum) sebagai pereda dismenore.

Ketiga mahasiswa tersebut yakni Gilang Saemanah, Nella Septiyani dan Hana Ajengsih Dahliawati yang berhasil menyisihkan tim dari Unpad, Unnes, UNY, UNS, UB, Undip, Universitas Sriwijaya, Universitas Pendidikan Ganesha, USU, Politeknik Negeri Malang, UPN Veteran Yogyakarta, dan Poltekkes Kemenkes Denpasar.

Menurut Ketua tim Gilang Saemanah mengatakan jika kompetisi ini berlangsung sejak tanggal 2-4 Maret 2024 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ia juga menjelaskan alasannya memilih judul essay, bahwa prevalensi dismenore masih cukup tinggi dialami pada perempuan.

"Untuk menciptakan sebuah solusi, kami mencoba mengaitkan permasalahan tersebut dengan salah satu mata kuliah yaitu Fitokimia di mana memanfaatkan potensi senyawa-senyawa dalam tanaman menjadi obat," kata Gilang dalam keterangannya, Kamis (7/3/2024).

Atas dasar hal tersebut pula, timnya memilih tanaman jahe merah dan daun kemangi sebagai pereda dismenore. "Dalam judul tersebut kami memilih tanaman jahe merah dan daun kemangi sebagai pereda dismenore dalam bentuk patch, yang akhirnya ide tersebut kami tuangkan dalam bentuk essay ini," ungkapnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut