get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

6 Makanan Khas Purwokerto yang Wajib Kalian Coba, Dijamin Nagih

Senin, 10 Mei 2021 | 14:40 WIB
header img
Tempe mendoan merupakan makanan Khas Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (Foto : Elde Joyosemito).

PURWOKERTO, iNews.id - Mengunjungi atau sekadar melintas Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas belum lengkap rasanya jika tidak menikmati kuliner yang ada di Kota tersebut. Nah ada beberapa makanan khas Purwokerto yang wajib kamu coba,.Apa aja sih?, berikut enam makanan khasnya, seperti dirangkum iNews Purwokerto :

1. Tempe Mendoan

Purwokerto, Kabupaten Banyumas banyak dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia sebagai kota mendoan, makan khas yang satu ini paling wajib kalian coba saat berada di wilayah Banyumas, khususnya di Kota Purwokerto.

Makanan yang populer di berbagai kota di pulau Jawa ini merupakan makanan khas asli dari Purwokerto. Tempenya tipis dan lebar, sesuai dengan namanya 'mendo' yang artinya setengah matang. Biasanya lebih nikmat dinikmati dalam keadaan hangat. Ditambah dengan sambal kecap manis, makanan khas kota ini sangat mudah ditemui dijalanan kota Purwokerto, bahkan beberapa tempat oleh oleh juga menyediakan tempe mendoan mentah,lengkap dengan racikannya. Sehingga bagi kalian yang tidak bisa menikmati mendoan saat mengunjungi Purwokerto, dapat kalian bawa untuk disajikan di rumah bersama keluarga.

2. Kraca

Kraca merupakan makanan khas dan unik dari Purwokerto, biasanya saat bulan puasa seperti saat ini, kalian dapat menemukan makanan khas ini di jalanan Kota Purwokerto. Kraca sendiri merupakan keong sawah yang diolah dengan bumbu-bumbu racikan khusus dan diolah dengan kuah yang sangat gurih, daging keongnya kenyal direndam dalam kuah yang sangat gurih dan enak. Ini salah satu makanan yang wajib kalian coba, dengan jaminan kalian pasti akan ketagihan.

3. Soto Sokaraja

Makanan yang satu ini harus dicoba saat di Purwokerto. Soto Sokaraja Purwokerto ini diracik dengan suwiran daging ayam atau daging sapi. Kaldunya bening dengan paduan taoge dan suun. Yang unik soto ini disajikan dengan sambal kacang dan kerupuk kanji merah sebagai taburan. Enak dimakan hangat dengan lontong atau ketupat. Banyak penjual makanan khas Purwokerto yang biasa dinikmati, apalagi dengan ditambah kecap manis, rasanya tidak ada duanya.

4. Tegean

Kuliner yang satu ini merupakan kuliner rumah makan tradisional di Purwokerto. Tegean adalah makanan sop sayur kuah bening dengan bayam, daun katuk, kecambah, kedelai hitam, wortel, dan jagung. Nasi disiram sop sayuran ini enak dimakan hangat, dikenal sebagai nasi sop atau sego sop.

5. Buntil

Makanan khas Purwokerto yang satu ini dibuat dari daun singkong, daun talas, atau daun pepaya yang digulung dan diikat berbentuk bulat. Didalamnya terdapat kelapa muda yang diparut dan diberi ikan teri serta kuah santan bumbu gurih pedas. Dikukus hingga lembut, rasanya pedas gurih bikin nagih. Makanan ini banyak ditemui di tempat makan tradisional yang ada di Purwokerto.

6. Kluban

Makanan khas Purwokerto terakhir adalah Kluban. Jika dibeberapa daerah dikenal dengan sebutan urap sayuran. Di mana berbagai jenis sayuran dipilih sesuai selera. Didalam kluban sendiri terdapat berbagai sayuran diantaranya daun bayam, daun kangkung, daun kenikir, taoge, kacang panjang dan lainnya. Diaduk dengan kelapa parut setengah tua yang diberi bumbu cabai, disajikan segar dan gurih.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut