get app
inews
Aa Read Next : Anggota DPD Dorong Agar Pembangunan Jawa Tengah Selatan Jadi Prioritas

Apa Kabar Jalan Tol Penghubung Trans Jawa Pantura ke Jalur Selatan? 

Selasa, 13 Februari 2024 | 07:37 WIB
header img
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Tengah Dr Abdul Kholik. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Sempat tersiar kabar tahun lalu mengenai rencana pembangunan jalan tol yang melintas di Brebes dan Banyumas. Jalan tol tersebut merupakan penghubung antara jalan tol Trans Jawa di pantura dengan jalur selatan. Lalu bagaimana dengan rencana tersebut?

Saat berdiskusi dengan para wartawan di Purwokerto dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) pada Senin (12/2/2024), anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Tengah, Dr Abdul Kholik, mengungkapkan kondisi terakhir rencana tersebut.

Menurutnya, usulan pembangunan jalan tol penghubung antara jalur tol pantura ke selatan, yaitu Pejagan-Cilacap-Purwokerto, kini telah turun ke level 3 Program Strategis Nasional (PSN). “Padahal sebeluknya pemerintah pusat telah menetapkannya sebagai PSN level 2. Beberapa waktu lalu, sudah ditetapkan rute jalan tol yang akan melintasi empat kabupaten, yaitu Brebes, Tegal, Banyumas, dan Cilacap,”jelasnya.

Dengan demikian, lanjut Senator asal Cilacap itu, jalan tol Pejagan-Cilacap-Purwokerto, yang sebelumnya masuk dalam PSN level 2, kemungkinan harus menunggu selesainya pembangunan tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap. 

Setelah itu, pembangunan akan dilanjutkan ke arah Cilacap-Yogyakarta. "Dalam perhitungan waktu, realisasi pembangunan tol ini masih belum terlihat, meskipun sebelumnya telah diusulkan dan masuk dalam PSN level 2,”ujarnya. 

Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa kebijakan pembangunan infrastruktur dapat mengalami perubahan, misalnya dari PSN level 3 kembali ke level 2, bahkan mungkin masuk ke level 1, tergantung pada kebijakan pemerintah. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut