get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Wow…Kebumen Memiliki Gedung Unit Pengelolaan Irigasi Terbaik di Indonesia

Jum'at, 16 Februari 2024 | 07:56 WIB
header img
Gedung UPI di Wadaslintang Sub Bedegolan ini diakui sebagai yang terbaik di Indonesia. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN,iNewsPurwokerto.id - Gedung Unit Pengelolaan Irigasi (UPI) untuk daerah irigasi Waduk Wadaslintang, Sub Bedegolan, Kebumen, secara resmi telah mulai beroperasi. Gedung ini terletak di Jalan Nasional III Robahan, Desa Mekarsari, Kecamatan Kutowinangun.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) Gatut Bayu Aji bersama Bupati Kebumen yang diwakili oleh Kepala Dinas PUPR Joni Hernawan pada Kamis (15/2/2024).

Menurut Kepala BBWSO, gedung UPI di Wadaslintang Sub Bedegolan ini diakui sebagai gedung UPI terbaik di Indonesia. Hal ini dikarenakan gedung tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas yang modern.

"Pemilihan sebagai yang terbaik didasarkan pada kemampuan gedung UPI ini untuk dioperasikan melalui sistem modern dengan menggunakan teknologi digital, tidak lagi mengandalkan metode manual. Terutama dalam hal pengoperasian buka tutup air, yang kini dapat dilakukan secara digital," jelasnya.

Gatut menyatakan bahwa modernisasi irigasi merupakan tantangan untuk mendukung kemajuan sektor pertanian di Indonesia. Oleh karena itu, untuk menjalankannya diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola irigasi yang juga modern.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut