get app
inews
Aa Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto Gelar Sapa Pagi pada Peserta Pengajuan Klaim

Apakah Purwokerto Itu Sama dengan Purwakarta? Ini 7 Perbedaannya Agar Tak Keliru

Sabtu, 17 Februari 2024 | 20:57 WIB
header img
Apakah Purwokerto Itu Sama dengan Purwakarta? Ini 7 Perbedaannya Agar Tak Keliru. Foto: Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Mungkin kedua kota ini terdengar serupa, tapi kenyataannya Purwokerto dan Purwakarta adalah dua daerah yang berbeda. Terlebih, Purwokerto dan Purwakarta merupakan dua wilayah di Indonesia yang seringkali membuat banyak orang keliru menyebutkannya.

Terdapat banyak faktor yang membedakan dua wilayah ini. Mulai dari letak geografis, kebudayaan, bahasa, objek wisata, hingga kuliner khas yang dimiliki oleh kedua daerah tersebut.

Lantas, apakah Purwokerto itu sama dengan Purwakarta. Berikut ulasan terkait perbedaan Purwokerto dan Purwakarta seperti dikutip dari Sindonews, Sabtu (17/2/2024).

Apakah Purwokerto Itu Sama dengan Purwakarta

1. Bahasa

Purwokerto, sebuah kota di Jawa Tengah, menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari. Dialek yang digunakan di Purwokerto adalah dialek khas Banyumasan, yang sering disebut sebagai Jawa Ngapak.

Tidak seperti Purwokerto, Purwakarta terletak di wilayah Jawa Barat dan menggunakan bahasa Sunda.

2. Letak Geografis

Secara letak Geografis, Purwokerto berada di Provinsi Jawa Tengah yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas dan berada di lereng gunung Slamet, salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Tidak seperti Purwakarta yang terletak di Provinsi Jawa Barat, kota ini terletak sekitar 60 kilometer di sebelah timur Kota Bandung. Purwakarta dikelilingi oleh pegunungan dan menawarkan pemandangan alam yang indah.

3. Sejarah dan Budaya

Purwokerto memiliki sejarah yang panjang, sehingga menjadi salah satu kota yang dipengaruhi oleh kolonial Belanda. Beberapa bangunan tua di kota ini masih terjaga dengan baik, memberikan sentuhan klasik di berbagai sudut kota.

Sedangkan Purwakarta memiliki hubungan sejarah yang erat dengan kerajaan-kerajaan di Jawa Barat. Budaya Sunda begitu kuat di wilayah ini. Berbagai upacara dan kesenian tradisional dapat ditemui dengan mudah dan masih dilestarikan dengan baik.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut