get app
inews
Aa Read Next : Mayoritas Dapat UKT Rendah, 2.375 Calon Mahasiwa Baru Unsoed Registrasi Online Jalur SNBP

Apakah Purwokerto Itu Sama dengan Purwakarta? Ini 7 Perbedaannya Agar Tak Keliru

Sabtu, 17 Februari 2024 | 20:57 WIB
header img
Apakah Purwokerto Itu Sama dengan Purwakarta? Ini 7 Perbedaannya Agar Tak Keliru. Foto: Arbi Anugrah

4. Keistimewaan

Keistimewaan Purwokerto terletak pada keindahan alamnya yang menakjubkan. Karena letaknya yang berada di kaki Gunung Slamet. Purwokerto terkenal dengan beragam destinasi wisata alam, seperti air terjun, bukit bintang, dan lokawisata Baturraden.

Sedangkan Purwakarta memiliki banyak tempat wisata alam dan budaya yang menarik, seperti Taman Air Mancur Sri Baduga, Waduk Cirata, Bukit Pinus Panyawangan, dan Gunung Bongkok. 

5. Pendidikan 

Purwokerto dikenal memiliki beberapa perguruan tinggi terkemuka, salah satunya adalah Universitas Jenderal Soedirman. Hal ini menjadikan Purwokerto sebagai pusat pendidikan di sekitar Kabupaten Banyumas.

Purwakarta juga memiliki beberapa lembaga pendidikan. Namun, pengaruh dari kota-kota besar di sekitarnya, seperti Bandung. 

6. Ekonomi 

Purwokerto memiliki ekonomi yang beragam dengan sektor pertanian dan perdagangan sebagai pilar utamanya. Selain itu, kota ini juga memiliki potensi pariwisata yang terus berkembang pesat.

Sedangkan ekonomi Purwakarta lebih banyak didukung dari sektor industri, khususnya industri manufaktur dan pertanian.

7. Makanan Khas

Purwokerto terkenal dengan makanan khasnya, yaitu tempe mendoan. Tempe ini digoreng dengan tepung yang membuatnya berbeda dengan tempe goreng lainnya. Tidak seperti tempe goreng pada umumnya, tempe mendoan digoreng tidak terlalu garing. Di daerah Banyumas, tempe mendoan juga dikenal dengan sebutan "mendo".

Sementara Purwakarta, merupakan sebuah daerah yang terkenal dengan kuliner sate maranggi. Sate ini memang terkenal dengan cita rasa yang lezat dan bumbu racikannya yang khas. Menariknya, istilah Maranggi sendiri dalam bahasa Sunda memiliki arti petukangan, yaitu "seorang ahli pembuat sarung keris".

Demikianlah ulasan perbedaan Purwokerto dan Purwakarta. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut