get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Inilah Wisata Religi Martaban Bulupitu yang Masuk dalam Kawasan Geopark Kebumen

Sabtu, 24 Februari 2024 | 10:53 WIB
header img
Wisata religi Martaban Bulupitu, yang terletak di Desa Tunjungseto, Kecamatan Kutowinangun, merupakan bagian dari kawasan Geopark Kebumen. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id- Wisata religi Martaban Bulupitu, yang terletak di Desa Tunjungseto, Kecamatan Kutowinangun, merupakan bagian dari kawasan Geopark Kebumen. Bulupitu menjadi destinasi wisata religi yang sering dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah di luar Kebumen.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, saat menghadiri acara slametan desa di Martaban Bulupitu, mengajak masyarakat untuk selalu menjaga keasrian kawasan ini. Terletak di dataran tinggi, hutan Bulupitu masih dipenuhi oleh pohon-pohon besar dengan berbagai macam jenis.

"Bulupitu, bulu itu nama pohon yang jumlahnya besar, ada tujuh jenis. Kawasan ini sudah dikenal sebagai tempat wisata religi sejak zaman saya belum lahir, karena terdapat petilasan dari orang-orang kerajaan dan menjadi bagian dari Geopark Kebumen yang menjaga kelestarian alam dan budaya hingga saat ini," ujar Bupati, didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, pada Jumat (23/2/2024).

Dalam hutan Bulupitu, terdapat petilasan Dewi Nawang Wulan dan kedua anaknya, Raden Bagus Klantung dan Raden Bagus Cemeti. Dewi Nawang Wulan adalah istri dari Aroengbinang, seorang pangeran di Kebumen pada masa lampau. Tempat ini menjadi destinasi populer bagi masyarakat yang ingin berwisata religi.

Menurut Bupati, Kebumen memiliki banyak destinasi wisata religi yang menjadi tempat ziarah bagi masyarakat. Tempat-tempat seperti ini, menurutnya, harus dikembangkan sebagai bagian dari kawasan Geopark. Geopark Kebumen, kata Bupati, tidak hanya mencakup batuan dan potensi masyarakatnya.

"Tidak hanya Bulupitu, kita juga memiliki hutan Jawa di Karanggayam. Di daerah utara Kebumen, masih terdapat Elang Jawa, begitu juga di Ayah. Ini menunjukkan bahwa kelestarian alam di Kebumen masih cukup terjaga dengan baik," tuturnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut