get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Wajah Baru Kebumen Selama Kepemimpinan Bupati Arif, Begini Kata Akademisi

Rabu, 28 Februari 2024 | 08:07 WIB
header img
Salah satu wajah baru di Kebumen. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Kepemimpinan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih telah mencapai tiga tahun, setelah keduanya dilantik pada 26 Februari 2021. Selama tiga tahun memimpin, tentunya gaya kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati mendapat penilaian dari masyarakat.

Rektor Universitas Muhammadiyah Gombong (Unimugo) Dr Herniyatun menilai selama ini Kebumen di bawah kepemimpinan Bupati Arif sudah terlihat mengalami kemajuan. Hal ini terlihat antara lain dari wajah kota yang sudah mengalami banyak perubahan.

Perubahan itu tampak dari diberlakukannya jalan satu arah, kemudian dibangunnya kawasan Moro Soetta, serta revitalisasi alun-alun dengan berdirinya Kapal Mendoan. Menurut Herni, upaya itu dilakukan untuk memodernisasi wajah kota yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

"Bagaimana pun wajah daerah pertama yang dilihat dari tata kotanya. Daerah itu menjadi tujuan banyak orang kalau tata kotanya bagus. Di situ orang akan merasa betah, nyaman untuk berkunjung, menikmati suasana kota sebagai pusat ekonomi. Nah! Saya melihat modernisasi kota Kebumen sudah mulai terlihat sejak kepemimpinan Bupati Arif," ujar Herni.

Herni mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Kota Kebumen sudah semakin baik. Hal ini ditandai dengan pertokoan yang kian menjamur, tempat kuliner, restoran, rumah makan, serta para pedagang kaki lima. Event-event berkelas nasional juga beberapa kali diadakan di Kota Kebumen. Menurutnya ini menunjukan Kebumen semakin baik.

"Kalau ini sudah bagus, tinggal bagaimana dikembangkan ke wilayah, agar terjadi pemerataan ekonomi. Menurut saya ini PR Pemerintah, artinya membangun sebuah kota itu bagus, tapi membangun wilayah untuk menjadikan kecamatan atau desa yang mandiri, kuat secara ekonomi juga tidak kalah bagus, bahkan sebuah keharusan," terang Herni.

Herni juga turut menyoroti pembangunan infastruktur jalan di sejumlah wilayah. Ia menggarisbawahi bahwa jalan yang ada di Kebumen tidak semua menjadi kewenangan kabupaten. Ada jalan desa, jalan kabupaten, provinsi, dan jalan nasional yang menjadi kewenangan masing-masing.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut