get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Ratusan Siswa Antusias Ikuti Seleksi Paskibraka

Rabu, 28 Februari 2024 | 08:27 WIB
header img
Ratusan pelajar tingkat SMA di Banyumas turut serta dalam seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewaPurwokerto.id-Ratusan pelajar tingkat SMA di Banyumas turut serta dalam seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) kabupaten setempat. 

Sebanyak 412 siswa dari SMA/SMK/MA mendaftar dan antusias mengikuti tahapan seleksi administrasi yang diadakan oleh Badan Kesbangpol Kabupaten Banyumas beberapa waktu lalu.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Banyumas Eko Heru Surono menyatakan bahwa menjadi anggota Paskibraka melibatkan proses panjang dan berkelanjutan. 

Mulai dari seleksi ketat dan cermat, hingga pelatihan dalam berbagai aspek seperti Peraturan Baris Berbaris, Tata Upacara, kedisiplinan, ketegaran, nasionalisme, dan penguatan mental.

"Menjadi anggota Paskibraka bukan hanya kebanggaan tapi juga kehormatan bagi siswa, orang tua, dan sekolah. Oleh karena itu, tahapan seleksi untuk menjadi calon Paskibraka adalah fase yang sangat penting yang harus dijalani untuk membuktikan kelayakan dalam memikul amanah tersebut," ungkapnya ketika membuka seleksi Wawasan Kebangsaan dan Tes Inteligensia Umum di Halaman Makodim 0701/Banyumas, kemarin.

Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, dan Agama Raden Hermawan menjelaskan bahwa dari seleksi yang menggunakan sistem gugur tersebut, 258 siswa berhasil lolos, terdiri dari 180 putra dan 78 putri. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut