get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini Purwokerto dan Sekitarnya Kamis 28 Maret 2024

Doa Awal Puasa Ramadhan 1445 H Lengkap Beserta Artinya

Senin, 11 Maret 2024 | 17:34 WIB
header img
Doa Awal Puasa Ramadhan Lengkap Beserta Artinya. Foto: dok iNews.id

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Doa awal puasa Ramadhan sesuai sunnah perlu diketahui umat Muslim. Apalagi, awal puasa Ramadhan 1445 hijriah telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) yang jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024 melalui sidang isbat.

Menjalankan ibadah Puasa Ramadhan adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang sudah mukallaf, karena terdapat banyak keutamaan di dalamnya. Selain memenuhi kewajiban syariat, puasa Ramadhan juga memiliki pahala yang besar karena semua amal ibadah yang dilakukan selama bulan suci tersebut akan dilipatgandakan pahalanya. Berdasarkan dalil, puasa Ramadhan diwajibkan dalam Surat Al Baqarah ayat 183. Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Wahai orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada umat sebelummu agar kamu bertaqwa.” (QS Al-Baqarah : 183).

Menyambut Bulan Ramadhan, umat Muslim sebaiknya mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Selama bulan Ramadhan, umat Muslim akan ditempa dengan berbagai ibadah yang memiliki pahala berlipat ganda.

Sebagai ungkapan rasa syukur atas datangnya Bulan Ramadhan, umat Muslim disarankan untuk berdoa. Berikut ini doa awal Ramadhan yang penuh barokah dan maghfiroh

Doa Awal Ramadhan Sesuai Sunnah

Arab: اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

Latin: Allahumma Sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhona wa tasallamhu minni mutaqabbala

Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut