get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini Purwokerto dan Sekitarnya Kamis 28 Maret 2024

Apakah Mimpi Basah Membatalkan Puasa Ramadhan?

Kamis, 21 Maret 2024 | 15:15 WIB
header img
Apakah Mimpi Basah Membatalkan Puasa? Ini Hukumnya Menurut Islam Foto: Elements Envato

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id – Apakah Mimpi basah membatalkan puasa Ramadhan? Lantas bagaimana hukumnya menurut Islam, apakah tetap sah menjalankan ibadah puasa. Terlebih, mimpi basah hingga keluar air mani.

Berikut adalah penjelasan apakah mimpi basah membatalkan puasa, lengkap terkait hukum apakah mimpi basah membatalkan puasa di bulan Ramadhan sesuai syari’at Islam dikutip dari berbagai sumber, Kamis (21/3/2024).

Hukum mimpi basah saat puasa Ramadan

Mimpi basah adalah keadaan di mana seseorang mengalami ejakulasi saat sedang tidur. Keluarnya air mani dalam mimpi basah tentu saja terjadi tanpa disengaja.

Tidak seperti aktivitas bersetubuh dan masturbasi yang sengaja memicu keluarnya air mani, mimpi basah sebenarnya tidak membatalkan puasa.

Menurut hukum Islam, seseorang yang sedang tidur tidak dikenai aturan Allah dan dianggap sama dengan hukum anak kecil atau orang gila ketika melakukan kesalahan.

“Orang yang berpuasa dan mengalami mimpi basah ketika tidur siang tidak berdosa,” tulis Syekh Ali Jum’ah, guru besar Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir dalam buku Syekh Ali Jum’ah Menjawab 99 Soal Keislaman.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut