get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Registrasi Jalur SNBP Unsoed Mulai Jumat Hari Ini

Muncul Polling Cabup yang Unggulkan Sadewo, Pengamat Sebut Calon Harus Mampu Atasi Kemiskinan

Minggu, 17 Maret 2024 | 11:26 WIB
header img
Dalam beberapa waktu terakhir, muncul polling pendapat nama-nama calon bupati (cabup) untuk Pilkada 2024 yang beredar di media sosial. (Foto: Tangkapan Layar)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Dalam beberapa waktu terakhir, muncul polling pendapat nama-nama calon bupati (cabup) untuk Pilkada 2024 yang beredar di media sosial. Untuk sementara, polling menempatkan Sadewo Tri Lastiono mantan Wakil Bupati Banyumas unggul dibandingkan tokoh lainnya.

Dalam polling yang diselenggarakan oleh Galeri Sosmed, Media Grup MSN, telah beredar luas, terutama di grup WA. Hingga Minggu (17/3/2024), nama Sadewo tetap unggul dengan perolehan vote sebesar 53 persen. 

Tokoh lainnya rata-rata di bawah 20 persen, di antaranya Ma'ruf Cahyono, Bambang Hari Baharuddin yang merupakan anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, ada juga nama Warek Bidang Kemahasiswaan Unsoed Norman Aris Prayogo, tokoh PP Banyumas Yudo F Sudiro, seorang dokter Agus Ujianto dan mantan pejabat Pemkab Banyumas Purwadi Santoso.

Namun demikian, sebetulnya masih ada tokoh-tokoh lain yang belum masuk dan memiliki potensi untuk maju. Di antaranya adalah Asisten Administrasi Umum Agus Nur Hadie, istri mantan Bupati Banyumas Erna Husein, Ketua Bawaslu Banyumas Imam Arif Setiadi, sejumlah anggota DPRD yaitu Subagyo, Sardi Susanto dan lainnya.

Lalu bagaimana idealnya calon bupati Banyumas? Pengamat politik dari Fisip Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Ahmad Sabiq mengatakan kriteria untuk menjadi Bupati Banyumas mestinya bukan sekedar kriteria umum seperti kompetensi dan integritas semata.

"Tetapi harus menukik pada persoalan-persoalan yang saat ini dihadapi oleh Banyumas. Misalnya soal kemiskinan yang masih menjadi persoalan serius, meskipun pertumbuhan ekonomi paling tinggi di Barlingmascakeb,"jelasnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut