get app
inews
Aa Read Next : BLT UMKM Dihentikan Tahun 2023, Ini Alasan Pemerintah

BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Cair Agustus, Ini Informasinya

Minggu, 25 Juli 2021 | 20:40 WIB
header img
Ilustrasi subsidi gaji

JAKARTA, iNews.id- BLT subsidi Rp1 juta dijadwalkan akan cair pada Agustus 2021. Salah satu syarat penerima BLT subsidi gaji adalah pekerja gaji di bawah Rp3,5 juta.

Direktur Jendral Anggaran Isa Rachamatarwata mengatakan anggaran subsidi gaji ini sudah disiapkan oleh Kementerian Keuanganya. Untuk pencairannya dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

"Kalau pencairannya itu di Kementerian Ketenagakerjaan," kata Isa saat dihubungi, Minggu (25/7/2021) seperti dikutip dari MNC Portal Indonesia.

Sebelumnya, Sekertaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengatakan, pihaknya terus mempersiapkan penyaluran bantuan ini. Jika data sudah lengkap maka akan bisa cair di bulan Agustus.

"Mudah-mudahan subsidi gaji cair di Agustus 2021. Kita terus siapkan dari sisi aturannya, data dan juga hal teknis lainnya," tandasnya.

Sebagai informasi, subsidi gaji akan diberikan oleh Warga Negara Indonesia (WNI). Pekerja/buruh penerima upah, lalu pekerja/buruh calon penerima BSU berada di Zona PPKM IV sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri No.20 Tahun 2021 jo Nomor 23 Tahun 2021.

Lalu, terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan. Pekerja/buruh dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan. 

Sementara itu, pekerja yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp3,5 juta, sesuai upah terakhir yang dilaporkan Pemberi Kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan

Pekerja/buruh pada sektor yang terdampak PPKM antara lain industri barang konsumsi, perdagangan dan jasa (kecuali jasa Pendidikan dan Kesehatan), transportasi, aneka industri, properti dan real estate.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut