get app
inews
Aa Read Next : PT Pertamina Borong 6 Best Community Program di Vietnam

Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG di Banyumas Raya Aman, Ini Prediksi saat Mudik Lebaran 2024

Rabu, 27 Maret 2024 | 04:22 WIB
header img
Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG di Banyumas Raya Aman, Ini Prediksi saat Mudik Lebaran 2024. Foto: Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id ― Dalam rangka menjaga ketersediaan stok BBM dan LPG di wilayah Banyumas Raya (Kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Cilacap, dan Purbalingga) selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriyah, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) yang beroperasi mulai tanggal 25 Maret hingga 21 April 2024.

Brasto Galih Nugroho, Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga mengatakan jika selama periode Satgas Rafi 2024 diprediksi terjadi peningkatan konsumsi BBM wilayah Banyumas Raya.

“BBM jenis Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) diprediksi naik 27 persen bila dibandingkan rata-rata harian normal Januari - Februari 2024 dari 1.423 Kilo Liter (KL) menjadi 1.809 KL,” kata Brasto Galih Nugroho kepada wartawan di Purwokerto, Selasa (26/3/2024) sore.

Brasto menyatakan bahwa terdapat peningkatan sebesar 3 persen dalam tren konsumsi gasolin pada tahun 2024 dibandingkan dengan realisasi gasolin tahun 2023 pada periode yang sama.

Sedangkan BBM jenis Gasoil (Biosolar dan Dex Series) di wilayah Tegal Raya mengalami penurunan sebesar 1 persen dari jumlah normalnya, yaitu 580 menjadi 577 KL. Penurunan ini terjadi karena adanya penurunan kegiatan industri selama periode Idul Fitri. Sementara itu, untuk LPG (PSO & Non-PSO), Pertamina telah menambah stok sebesar 4,2 persen dari rata-rata konsumsi harian atau sekitar 190.389 tabung, dibandingkan dengan rata-rata normalnya sebesar 182.645 tabung. Rata-rata harian normal ini berlaku selama periode Januari - Februari 2024.

Menurut Brasto, Pertamina Patra Niaga juga telah menambah armada mobil tangki dari 471 menjadi 513 unit di Jawa Tengah dan DIY. Selain itu, dari 935 agen dan 79.599 pangkalan LPG subsidi dan non-subsidi di Jawa Tengah dan DIY, Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan 935 Agen Siaga PSO dan Non-PSO serta 8.895 Pangkalan Siaga PSO dan Non-PSO yang beroperasi selama liburan di Provinsi Jawa Tengah. Di wilayah dengan permintaan tinggi, beberapa Agen LPG bahkan disiagakan selama 24 jam.

Selain itu, pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri ini, Pertamina turut menyediakan fasilitas Serambi MyPertamina. Serambi MyPertamina adalah layanan yang bertujuan untuk membantu kelancaran perjalanan para konsumen selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Beberapa layanan yang tersedia di Serambi MyPertamina antara lain adalah layanan kesehatan, ruang nursery untuk ibu dan bayi/balita, pemeriksaan kesehatan, dan sebagainya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut