get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2024, Cek Sekarang dan Nikmati Mudik ke Kampung Halaman

Dirut KAI Resmikan Monumen Lokomotif Kebo Kuning di Stasiun Purwokerto, Ini Sejarahnya

Senin, 08 April 2024 | 20:10 WIB
header img
Dirut KAI Resmikan Monumen Lokomotif Kebo Kuning di Stasiun Purwokerto, Ini Sejarahnya. Foto: Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo meresmikan Monumen Lokomotif “Kebo Kuning” C300 milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto yang berdiri gagah di Stasiun Purwokerto, Senin (8/4/2024). Lokomotif Kebo Kuning C300 yang diresmikan ini menjadi monumen lokomotif pertama di stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto.

"Kehadiran monumen Lokomotif Kebo Kuning ini semoga dapat menjadi ikon baru Kota Purwokerto sekaligus menjadi daya tarik wisata tersendiri khususnya bagi pencinta kereta api. KAI juga berharap keberadaan lokomotif ini menambah semarak suasana khususnya pelanggan KA di Stasiun Purwokerto,” kata Didiek kepada wartawan saat meresmikan Monumen Lokomotif.

Menurut Didiek, monumen ini merupakan komitmen dan upaya KAI Daop 5 Purwokerto untuk melestarikan benda cagar budaya kereta api sebagai bagian dari sejarah transportasi Kereta Api. Monumen ini sekaligus sebagai media edukasi bagi masyarakat.

Ia mengatakan, jika menilik sejarah lokomotif Kebo Kuning, ini merupakan dua lokomotif hidrolik didatangkan dari pabrik Schoema, Jerman pada tahun 1963. Lokomotif ini lantas diberi nama Kebo Kuning I dan Kebo Kuning II. Kata “Kebo” sendiri dalam Bahasa Jawa memiliki arti “kerbau” sementara “Kuning” diambil dari ciri khas warna kuning yang mendominasi lokomotif ini.

Lokomotif Kebo Kuning ini memiliki tiga roda penggerak yang digerakkan oleh achsgetriebe (axle gear) bergandar tipe C. Dengan panjang 4.560 mm, lebar 1.760 mm, dan tinggi 2.860 mm, lokomotif ini beroperasi di lintas sepur dengan lebar 1.067 mm dengan daya motor diesel sebesar 100 HP (horse power).

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut