get app
inews
Aa Read Next : Sumpah Profesi, 188 Perawat Baru UMP Siap Mengabdi

Mahasiswa Disabilitas UMP Terima Bantuan Inovasi Pembelajaran dan Teknologi dari Kemendikbudristek

Senin, 03 Juni 2024 | 16:43 WIB
header img
Mahasiswa Disabilitas di UMP Terima Bantuan Inovasi Pembelajaran dan Teknologi dari Kemendikbudristek. Foto: UMP

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Mahasiswa penyandang disabilitas di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mendapatkan Program Bantuan Inovasi Pembelajaran dan Teknologi Bantu. Program ini merupakan bantuan dari Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Penghargaan ini menegaskan komitmen UMP dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan mendukung kesetaraan akses bagi semua mahasiswa, termasuk mereka yang memiliki disabilitas.

Menurut Ridho Muktiadi, dari Program Studi Teknik Informatika menyampaikan jika bantuan ini akan sangat berguna untuk mengembangkan perangkat lunak dan aplikasi yang memudahkan mahasiswa disabilitas mengakses materi perkuliahan. Menurutnya, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menyediakan teknologi bantu yang esensial bagi mahasiswa penyandang disabilitas di kampus UMP.

"Kami berencana untuk mengembangkan berbagai perangkat teknologi yang dapat diakses oleh semua mahasiswa, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik maupun sensorik. Ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa setiap mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang," ujarnya.

Sementara menurut Onok Yayang Pamungkas dari Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menjelaskan pentingnya pengembangan metode pembelajaran yang lebih inklusif. Program ini tidak hanya berfokus pada pengembangan teknologi bantu, akan tetapi juga pada penyediaan fasilitas fisik yang ramah disabilitas di lingkungan kampus. 

"Dengan bantuan ini, kami dapat lebih fokus pada penyusunan materi ajar yang dapat diakses oleh semua mahasiswa. Kami juga akan mengadakan pelatihan khusus bagi dosen dan staf pengajar untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang kebutuhan mahasiswa disabilitas," jelasnya.

Sementara menurut Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, mengatakan jika program bantuan ini merupakan kerja keras dari kedua program studi yang berhasil meraih kesempatan ini.

"Ini adalah bukti nyata bahwa UMP terus berupaya untuk menjadi institusi pendidikan yang inklusif dan ramah bagi semua kalangan. Kami berharap, dengan adanya bantuan ini, mahasiswa penyandang disabilitas dapat merasakan pengalaman belajar yang setara dan berkualitas di UMP," pungkasnya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut