get app
inews
Aa Read Next : Sandiaga Uno Siap Kolaborasi Majukan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Purbalingga

Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Patakbanteng Wonosobo, Apa Saja Daya Tariknya?

Jum'at, 12 Juli 2024 | 14:34 WIB
header img
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno baru-baru ini melakukan kunjungan ke Desa Wisata Patakbanteng, Wonosobo, Jawa Tengah. Foto: Ist

Perwakilan Pokdarwis Desa Wisata Patakbanteng, Solihun, mengungkapkan pada tahun 2023 jumlah kunjungan wisatawan secara akumulatif sebanyak 60.663 pengunjung dan 20 persennya merupakan wisatawan mancanegara. 

Hal ini menunjukkan bahwa pesona Gunung Prau mampu memikat tidak hanya wisatawan nusantara tapi juga global.

Dampak yang dirasakan masyarakat dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat besar. Pendapatan masyarakat desa pada tahun 2023 menembus sekitar Rp30 miliar. 

"Dampak di masyarakat yang luar biasa. Karena untuk pendakian bukanlah wisata yang murah melainkan wisata minat khusus. Disini para wisatawan itu paling tidak menghabiskan rata-rata ada yang menginap, sewa porter ojek dan lain sebagainya itu rata rata satu wisatawan menghabiskan Rp500 ribu,” tutur Solihin. 

“Kalau kita kalkulasikan itu perputaran ekonominya sudah Rp30 miliar dalam satu tahun. Itu adalah dampak dari adanya objek wisata yang ada di Patakbanteng," tutupnya.*

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut