get app
inews
Aa Read Next : Cara Turunkan Kolesterol Usai Makan Daging Kurban, Coba Dikonsumsi Ini

Makan Opor Lebaran yang Tinggi Kolesterol? Ini Antisipasi untuk Menurunkan

Kamis, 13 Mei 2021 | 10:48 WIB
header img
Masakan opor ayam yang kandungan kolesterolnya tinggi. (Foto: Elde Joyosemito)

PURWOKERTO, iNews.id- Hari Raya Idul Fitri tentu saja identik dengan opor ayam, makanan yang cukup tinggi kolesterolnya. Lalu, bagaimana supaya kolesterol tetap terjaga? Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran.

Para ahli gizi mengungkapkan untuk mempercepat penurunan kolesterol di dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Hal ini karena kandungan serat dalam sayur dan buah dapat membantu proses penurunan kadar kolesterol jahat. Setiap harinya disarankan mengonsumsi buah dan sayur untuk menurunkan kolesterol adalah sekitar 500 gram.

Menurut dr Denny Jolanda, Sp. PD, apabila kolesterol berlebih, akan terjadi penumpukan lapisan lemak di sepanjang pembuluh darah. “Jika kondisi terus berlangsung, kolesterol yang terakumulasi akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan memperberat kinerja jantung,”katanya seperti dikutip inews.id beberapa waktu lalu.

Ia menyarankan konsumsi sayur dan buah merupakan salah satu cara terbaik untuk mempercepat penurunan kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, saat Lebaran seperti sekarang di mana banyak makanan yang mengandung kolesterol, maka harus diimbangi dengan makan buah dan sayur.

Beberapa ahli mengatakan bahwa ada buah-buahan yang bermanfaat menurunkan kolesterol. Di antaranya adalah jeruk yang menjadi salah satu buah terbaik untuk menurunkan kolesterol secara alami. Kemudian stroberi yang mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Buah lainnya adalah alpukat, anggur, tomat, apel dan pepaya.

Makanya, di saat Lebaran seperti ini, perlu disediakan buah-buah tersebut, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol. Makan opor ayam boleh saja, tetapi harus tetap dikontrol dan diimbangi dengan konsumsi buah dan sayur.

 

 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut