get app
inews
Aa Read Next : Inilah Aksi Perempuan Peduli Lingkungan yang Kumpulkan Jelantah

BBM Jenis Baru Bakal Diluncurkan Pertamina pada 17 Agustus

Minggu, 14 Juli 2024 | 16:55 WIB
header img
BBM Jenis Baru Bakal Diluncurkan Pertamina pada 17 Agustus. Foto: Arbi Anugrah

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - PT Pertamina (Persero) bakal luncurkan produk bahan bakar minyak (BBM) jenis baru. BBM jenis baru yang ditugaskan pemerintah kepada Pertamina untuk diluncurkan tersebut akan memproduksi sulfur yang lebih rendah.

"BBM rendah sulfur sedang dalam proses, memang ada arahan dari pemerintah terkait hal tersebut," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso kepada iNews.id, Minggu (14/7/2024).

Berdasarkan pernyataan Kementerian ESDM, produk BBM jenis baru ini diklaim ramah lingkungan dan akan mulai diujicobakan pada 17 Agustus 2024 mendatang. Akan tetapi Fadjar belum dapat menjelaskan lebih lanjut racikan dari produk BBM tersebut. 

"Detailnya ditunggu saja," tutur dia.

Berdasarkan informasi, Pertamina saat ini telah menjual produk BBM ramah lingkungan, yakni Pertamax Green. Produk ini sendiri adalah campuran antara Pertamax yang memiliki Research Octane Number (RON 92) dengan kandungan etanol sebagai bahan bakar nabati sebanyak 5 persen.

Fadjar mengungkapkan jika saat ini Pertamax Green 95 telah tersedia di 80 SPBU, dan akan terus berkembang secara bertahap, dari yang awalnya sekitar 15 SPBU.

"Ini membuktikan produk tersebut diterima di masyarakat karena memang kadar oktan tinggi dan ramah lingkungan," kata dia.

Sementara saat disinggung terkait nasib Pertalite usai 17 Agustus mendatang, Fadjar menekankan jika BBM Subsidi seperti Pertalite merupakan kewenangan pemerintah.

"Sampai saat ini kami masih ditugaskan untuk menyediakannya," pungkasnya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut