get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Unsoed Ciptakan Permainan Cegah Stunting, Raih Medali Emas Kompetisi Internasional

Pengamat Sebut Rekomendasi Surat Tugas Pasti Lewat Lobi-lobi Politik

Selasa, 16 Juli 2024 | 13:19 WIB
header img
Ketua Jurusan Ilmu Politik Fisip Unsoed Purwokerto Indaru Setyo Nurprojo angkat bicara terkait dengan munculnya rekomendasi surat tugas dari partai politik. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Ketua Jurusan Ilmu Politik Fisip Unsoed Purwokerto Indaru Setyo Nurprojo angkat bicara terkait dengan munculnya rekomendasi surat tugas dari partai politik (parpol). Ia menyebut bahwa rekomendasi surat tugas bagian dari self defense dari parpol maupun bakal calon.

“Ada yang menarik dari pilkada 2024 ini, terutama di Banyumas. PDI Perjuangan biasanya sangat percaya diri mengusung pasangan calon sendiri dan menempatkan partai lain hanya sebagai pendukung. Tetapi saat sekarang mulai bermanuver dengan melibatkan kader partai lain untuk berpasangan. Termasuk di dalamnya adalah manuver rekomendasi surat tugas,"jelas Indaru pada Selasa (16/7/2024).

Menurutnya, rekomendasi surat tugas tidak mungkin muncul seketika tanpa adanya lobi-lobi politik.  Seperti halnya bakal calon dari PDI Perjuangan Banyumas justru mendapatkan rekomendasi surat tugas dari partai lain. Meski sampai sekarang PDI Perjuangan belum mengeluarkan rekomendasi ataupun surat tugas.

“Ini satu bentuk kepanikan, sehingga DPC PDI Perjuangan melakukan langkah-langkah untuk mempertahankan kemenangan dan bagi bacalon PDI Perjuangan, rekomendasi surat tugas juga sebagai bargaining untuk mendapatkan rekomendasi final. Tetapi hal seperti ini sah-sah saja dalam dunia politik,"ungkapnya. 

Sebagaimana diketahui, Bacabup PDI Perjuangan Banyumas, Sadewo Tri Lastiono telah mendapatkan rekomendasi surat tugas yaitu dari PAN dan PKB. 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut