get app
inews
Aa Read Next : UMP Kembali Gelar Festival Balon Udara, Catat Tanggalnya Agar Tak Tertinggal Keseruannya

Ikut Atasi Covid-19, Ratusan Mahasiswa UMP KKN ke Wonosobo dan Banjarnegara

Rabu, 04 Agustus 2021 | 08:09 WIB
header img
Pernyerahan KKN mahasiswa secara virtual

PURWOKERTO, iNews.id-Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menerjunkan 358 mahasiswa ke Wonosobo dan 284 mahasiswa ke Banjarnegara. Mereka diterjunkan dalam rangka kuliah kerja nyata (KKN). Para mahasiswa diterjunkan ke masyarakat untuk ikut serta dalam mengatasi permasalahan Covid-19.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UMP Akhmad Darmawan berharap agar mahasiswa KKN UMP dapat membantu mengatasi permasalahan yang di timbulkan dari Pandemi Covid-19. "Pada situasi pandemi seperti ini dibutuhkan satu Inovasi dan kecerdasan tersendiri untuk melakukan aktivitas. Kita sadari bersama bahwa pandemi ini telah meluluhlantakkan berbagai sektor terutama bidang kesehatan dan ekonomi. Semua kegiatan di bidang ekonomi baik di skala besar maupun kecil terimbas dengan covid-19,” jelasnya. 

Menurutnya, adanya program kampus merdeka yang dikeluarkan kementrian kebudayaan dan pendidikan yang salah satunya kegiatan KKN ingin memberikan suatau warna kolaborasi antara pihak univesitas dan masyarakat untuk mengatasi permasalahan covid-19. “Mudah-mudahan kegiatan KKN UMP kali ini bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar dimana tempat KKN itu dilaksanakan dalam rangka mengedukasi bersama-sama pemerintah setempat dan seluruh stakeholder terkait,”katanya.

Dijelaskannya, mahasiswa KKN UMP bisa melaksanakan KKN  berkolaborasi dengan masyarakat, belajar bersama mencari solusi agar masyarakat ini tetap survive yang mampu bertahan dan bagaimana bisa tetap produktif di tengah pandemi covid-19.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Wonosobo Tarjo menerima dengan baik mahasiswa KKN UMP dan memberikan pengarahan kepada peserta KKN.

“KKN merupakan media pembelajaran mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmunya kepada kehidupan masyarakat, sedangkan bagi masyarakat diharapkan dapat menyerap ilmunya yang nanti akan di berikan oleh mahasiswa KKN UMP,”ujarnya.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Aman Suyadi menyerahkan 284 Mahasiswa UMP kepada Pemkab Banjarnegara. "UMP 284 Mahasiswa yang akan tersebar ditiga kecamatan yaitu Kecamatan Wanadadi, Banjarmangu, dan Kalibening. Kami berharap kerjasama ini bisa diperluas sehingga UMP bisa bersinergi dengan PEMKAB Banjarnegara dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi,"katanya.

Menurutnya, KKN dimaknai sebagai pembelajaran pemberdayaan masyarakat, secara inti mahasiswa diterjunkan ke desa dalam rangka belajar memberdayakan masyarakat supaya memahami berbagai permasalahan dimasyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Baperlitbang Banjarnegara Junita P berharap agar mahasiswa UMP ikut serta menyelesaikan masalah yang ada dimasyarakat di Banjarnegara.

"Kami sangat menyambut baik keberadaan adik-adik mahasiswa ditengah masyarakat, Kami selalu berharap dengan adanya program KKN ini akan terjadi hubungan saling menguntungkan antara masyarakat dengan akademisi,”jelasnya.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut