get app
inews
Aa Read Next : Ini Rangkaian Acara DCF 2024 yang Didukung BI Purwokerto

BI Segera Gelar Karya Kreatif Serayu, Ini Acara Lengkapnya

Kamis, 18 Juli 2024 | 08:01 WIB
header img
BI Purwokerto akan menyelenggarakan kegiatan promosi produk UMKM Unggulan Banyumas Raya bertajuk Karya Kreatif Serayu. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Kantor Bank Indonesia (BI) Purwokerto terus berupaya meningkatkan kinerja sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pariwisata, dan investasi. Hal itu terus diperkuat untuk mendukung perekonomian nasional, terutama dalam menciptakan lapangan kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat. 

Kepala Perwakilan BI Purwokerto Christoveny pihaknya terus mendorong akses pasar UMKM serta go digital dan go global melalui berbagai best practice di tingkat nasional maupun daerah. Upaya yang dilakukan oleh BI mencakup seluruh aspek pengembangan UMKM, mulai dari peningkatan kualitas produksi, aktivasi produk, pemasaran, hingga promosi.

"Di era digitalisasi yang pesat saat ini, daya saing produk UMKM perlu ditingkatkan khususnya dari sisi pemasaran dan promosi. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kantor Perwakilan BI Purwokerto akan menyelenggarakan kegiatan promosi produk UMKM Unggulan Banyumas Raya bertajuk Karya Kreatif Serayu,"jelas Christoveny pada Rabu (17/7/2024) petang.

Menurutnya, KKS mengangkat tema “Dolan Nyaman, Becer Aman, Mayuh Go Digital Kanggo Banyumas Raya Tumbuh Berkelanjutan”. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 20-21 Juli 2024 di Kompleks Menara Teratai Purwokerto.

Karya Kreatif Serayu merupakan lanjutan dari kegiatan yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2023.

"KKS akan diikuti oleh 100 UMKM unggulan yang berasal dari seluruh Banyumas Raya, yaitu Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara. Aneka produk UMKM yang akan dipromosikan dalam kegiatan ini meliputi makanan, minuman, batik banyumasan, fashion ready to wear, aneka kerajinan tangan, dan produk unggulan UMKM lainnya,"jelasnya.

KKS 2024, lanjutnya, diselenggarakan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara. Selain itu, perbankan di Banyumas Raya yang tergabung dalam Sub BMPD Banyumas juga turut berpartisipasi mensukseskan kegiatan KKS 2024.

KKS 2024 diselenggarakan sebagai bagian dari Road To Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2024 yang akan diadakan pada bulan Agustus mendatang di Jakarta. 

"Kegiatan KKI sendiri merupakan program flagship pengembangan UMKM Bank Indonesia yang telah berlangsung sejak tahun 2016. Kegiatan Road to KKI ini diharapkan mampu meningkatkan efektivitas upaya penguatan promosi produk UMKM di tingkat pusat dan daerah sehingga memiliki daya saing yang baik di tengah tingginya disrupsi produk dari luar negeri. 

Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), serta Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2024.

Rangkaian kegiatan KKS 2024 terdiri atas upacara pembukaan, seremonial penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), Penyaluran Dukungan Pengembangan Ekonomi Daerah (PI-KEKDA), Pembiayaan UMKM, Sertifikasi Halal Produk UMKM, UMKM Expo, Fashion Show, talkshow UMKM, QRIS Purwokerto Run, talkshow Literasi Keuangan Digital dan Pelindungan Konsumen.

Kegiatan lainnya adalah pertunjukan band, penyerahan penghargaan, Lomba Desain Motif Batik Banyumasan, BMPD Rupiah SoundFest, Festival Kenthongan, Lomba Ranking 1 (Kebanksentralan, Ekonomi Syariah, CBP Rupiah, QRIS, Edukasi CBP Rupiah, Penukaran Uang melalui Kas Keliling, dan Diseminasi terkait Program Pengendalian Inflasi.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut