get app
inews
Aa Read Next : POG 2024, Cara Puhua untuk Merawat Keberagaman

Ribuan Pengunjung Datang ke KKS 2024, Ada 2 Rekor MURI yang Diperoleh

Senin, 22 Juli 2024 | 11:15 WIB
header img
Karya Kreatif Serayu (KKS) 2024 diwarnai dengan berbagai acara menarik yang memikat ribuan pengunjung. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Karya Kreatif Serayu (KKS) 2024 diwarnai dengan berbagai acara menarik yang memikat ribuan pengunjung. Bahkan, acara tersebut mendapat penghagaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas dua pencapaian luar biasa. Yakni pengguna QRIS terbanyak pada event KKS dan capaian transaksi QRIS dengan volume terbanyak di destinasi Wwsata pada Festival Gunung Slamet (FGS) beberapa waktu lalu

Dalam event KKS, ribuan warga penggemar olahraga lari memadati Kompleks Menara Teratai pada Minggu pagi (21/07/2024), KKS 2024 kembali menghadirkan hiburan dan edukasi bagi masyarakat Banyumas pada Minggu malam. 

Panggung KKS 2024 diramaikan oleh berbagai pertunjukan, di antaranya penampilan band lokal Jagarta dan finalis lomba band Sub BMPD Banyumas. Sederet kuis Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah dengan hadiah jutaan rupiah juga menjadi daya tarik utama pada hari kedua perhelatan KKS 2024. Para pengunjung semakin terhibur dan tertarik untuk berlama-lama menikmati venue KKS 2024.

Suasana semakin meriah ketika Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas dua pencapaian luar biasa. Pencapaian pertama adalah Pengguna QRIS Terbanyak pada Event KKS, yaitu sebanyak 4.745 orang dalam satu waktu. Penghargaan kedua diperoleh atas capaian Transaksi QRIS dengan Volume Terbanyak di Destinasi Wisata pada Festival Gunung Slamet beberapa waktu lalu, dengan total 15.410 kali transaksi. 

Penghargaan MURI yang diberikan oleh Sri Widayati ini menjadi pengakuan atas inovasi dan komitmen Bank Indonesia dalam mendorong digitalisasi di Indonesia melalui QRIS, khususnya di daerah.

Menanggapi penghargaan MURI tersebut, Christoveny menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini. "Penghargaan MURI ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi dari semua pihak, baik internal Bank Indonesia maupun masyarakat Banyumas," ujarnya. 

"Pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen Bank Indonesia dalam mendorong digitalisasi di Indonesia melalui QRIS, serta mengedukasi masyarakat untuk Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) terhadap uang Rupiah."

Ia menambahkan bahwa penghargaan MURI ini menjadi motivasi bagi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanannya kepada masyarakat. 

"Kami akan terus berupaya untuk memberikan layanan yang terbaik dan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari," tambahnya.

Hari kedua KKS 2024 dilanjutkan dengan beragam acara menarik, salah satunya Talkshow Literasi Keuangan Digital. Talkshow ini menghadirkan narasumber ahli seperti Ekonom Yunior Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Analis OJK Purwokerto Juliando Simarmata, dan Melvin Mumpuni selaku CEO & Founder Finansialku.com.

Para narasumber berbagi tips dan informasi penting tentang literasi keuangan digital, seperti cara membentuk kebiasaan bertransaksi nontunai, mengelola keuangan dengan bijak dan digital, berinvestasi dengan aman di era modern, serta tips agar terhindar dari penipuan online dan cyber crime. Antusiasme peserta terlihat jelas dari banyaknya pertanyaan yang diajukan dan partisipasi aktif dalam kuis Kahoot yang berhadiah jutaan rupiah.

KKS 2024 sukses menyajikan perpaduan hiburan dan edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat Banyumas. Berbagai acara yang diselenggarakan, seperti penampilan band, penyerahan penghargaan MURI, dan talkshow literasi keuangan digital, mampu menarik minat dan memberikan edukasi bagi para pengunjung.

KKS 2024 menjadi bukti nyata komitmen Bank Indonesia Purwokerto dalam mendukung kemajuan ekonomi kreatif dan meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Acara ini diharapkan dapat terus diselenggarakan di tahun-tahun mendatang dengan menghadirkan lebih banyak lagi hiburan dan edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut