get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka: Mantan Rektor Unwiku Purwokerto Kaboel Suwardi Meninggal Dunia

Mantan Wakil Presiden Hamzah Haz Meninggal Dunia, Ini Riwayat Pendidikannya

Rabu, 24 Juli 2024 | 11:20 WIB
header img
Mantan Wapres Hamzah Haz meninggal dunia. Foto: Antara

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Mantan Wakil Presiden Hamzah Haz meninggal dunia hari ini. Hamzah Haz menjabat sebagai Wakil Presiden pada periode 2001-2004, mendampingi Presiden Megawati Soekarnoputri.

Hamzah Haz dilahirkan di Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940. Bakat organisasinya sudah terlihat sejak masa sekolah menengah pertama (SMP).

Ia lulus dari Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) di Pontianak pada tahun 1961, dan sempat bekerja sebagai wartawan di surat kabar Pontianak, Harian Bebas, serta menjadi Pemimpin Umum Harian Berita Awau.

Setelah itu, Hamzah merantau ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan di Akademi Koperasi. Di sana, ia menunjukkan kemampuannya dalam berorganisasi dengan menjadi aktivis di Keluarga Pelajar Mahasiswa Kalbar di Yogyakarta.

Ia pernah menjadi ketua organisasi tersebut pada periode 1962 hingga 1965. Pada tahun 1965, Hamzah kembali ke Pontianak dan melanjutkan kuliahnya di Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura dengan jurusan ekonomi perusahaan.

Hamzah kemudian menjadi ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Kalbar dari tahun 1965 hingga 1971. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Ketua Presidium Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) Konsulat Pontianak.

Hamzah kemudian mewakili Angkatan 66 dan diangkat menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Barat mewakili Partai Nahdlatul Ulama.

Ketika Partai NU bergabung ke dalam Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada tahun 1971 akibat kebijakan fusi dan penyederhanaan partai politik, Hamzah tetap melanjutkan kiprahnya di dunia politik.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut