get app
inews
Aa Read Next : Tarian Kolosal Warnai Peringatan HUT RI di Kebumen

Tim Asesor UNESCO Rampungkan Asesmen Geopark Kebumen untuk UGGp

Jum'at, 26 Juli 2024 | 07:18 WIB
header img
Tim asesor UNESCO Global Geopark (UGGp) Andreas J Schuller dari Jerman dan Sarina dari China telah menyelesaikan asesmen. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id - Tim asesor UNESCO Global Geopark (UGGp) Andreas J. Schuller dari Jerman dan Sarina dari China, telah menyelesaikan asesmen terhadap Geopark Kebumen yang sedang diusulkan untuk masuk dalam UGGp.

Kunjungan tim asesor dari UNESCO selama empat hari di Kebumen ditutup dengan rapat penutup di Mexolie Hotel pada Kamis (25/7/2024). 

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, pimpinan OPD, dan jajaran Badan Pengelola Geopark Kebumen.

Bupati Kebumen mengungkapkan rasa syukur atas selesainya seluruh rangkaian asesmen dari UNESCO mengenai Geopark Kebumen yang berjalan aman dan lancar. Penilaian Geopark Kebumen sudah mencapai 60 persen, tinggal 40 persen lagi untuk bisa ditetapkan sebagai UGGp.

"Alhamdulillah, kita bersyukur tim asesor dari UNESCO telah menyelesaikan seluruh rangkaian penilaian tentang Geopark Kebumen untuk masuk UGGp. Ini tidak mudah, tim harus melihat langsung dokumen yang diajukan dengan kondisi di lapangan," ujar Bupati.

Menurut Bupati, yang terpenting dalam penilaian ini adalah komitmen semua pihak baik pemerintah, BP Geopark, maupun masyarakat dalam menjaga warisan geologi, hayati, dan budaya yang masuk dalam Geopark Kebumen agar bisa terus dilestarikan hingga generasi mendatang.

"Jadi untuk mewujudkan UGGp itu tidak hanya sebatas lebeling saja, ditempel dimana-mana. Tapi harus berkelanjutan, bagaimana komitmen kita, pemerintah, Badan Pengelola, dan masyarakat bisa menjaga dan melestarikan warisan ini sampai ke anak cucu kita," tuturnya.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut