get app
inews
Aa Read Next : Partai Nasdem Banyumas Pastikan Dukung Sadewo-Lintarti, Siap untuk Memenangkan

Entaskan Kemiskinan, Baznas RI Luncurkan Program Balai Ternak di Karanglewas Banyumas

Rabu, 31 Juli 2024 | 18:44 WIB
header img
Entaskan Kemiskinan, Baznas RI Luncurkan Program Balai Ternak di Karanglewas Banyumas. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Untuk mengentaskan kemiskinan di wilayah pedesaan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI meluncurkan Program Balai Ternak di Desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Rabu (31/7/2024). Program Baznas berupa Balai ternak ini menyasar peternak mustahik sebagai penerima manfaatnya.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI, KH Noor Achmad mengatakan jika komoditas ternak yang dibudidayakan di Desa Babakan berupa domba dan Balai ternak ini yang dikembangkan Baznas RI merupakan yang ke-34. Program Balai ternak ini sendiri nantinya akan dikembangkan di seluruh Indonesia.

"Untuk Desa Babakan total ada 200 kambing untuk 20 mustahik (penerima zakat), yang dilengkapi dengan kandang dan juga rumah kompos. Diharapkan 20 mustahik dalam waktu dekat bisa menjadi muzakki (pemberi zakat). Harapan kita nanti kalau sudah berkembang, mereka bisa mengembangkan untuk para mustahik yang lainnya," kata KH Noor dalam keterangannya.

KH Noor menjelaskan jika program Balai ternak merupakan satu komitmen Baznas dalam upaya pengentasan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Banyumas.

"Kami ikut serta dalam rangka menyelesaikan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Banyumas," jelasnya.

Sementara menurut Ketua Baznas Jawa Tengah KH Ahmad Darodji mengatakan jika pihaknya sangat mengapresiasi Program Balai Ternak. Menurut KH Ahmad Darodji, terwujudnya program tersebut tidak lepas dari kerja keras Baznas Kabupaten, Provinsi dan juga Baznas pusat.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut