get app
inews
Aa Read Next : 5 Khasiat Kelapa Bakar Bagi Kesehatan

Ini 4 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Pantas Dicoba

Kamis, 05 Agustus 2021 | 11:04 WIB
header img
Kunyit putih yang bermanfaat bagi kesehatan.

JAKARTA, iNews.id- Kunyit putih yang sering disebut Zedoaria mungkin tidak sepopuler kunyit kuning. Namun, kunyit putih juga memiliki segudang manfaat yang tak kalah dari 'saudara'-nya itu.

Bila biasanya kunyit puyih juga dimanfaatkan untuk bumbu memasak hidangan kari, kali ini MNC Portal Indonesia  akan merangkum manfaatnya bagi kesehatan. Karena kunyit putih juga kaya kandungan kurkumin dan flavanoid.

Berikut manfaat kunyit putih bagi kesehatan yang dirangkum dari situs Healthbenefitstimes, Rabu (4/8/2021).

1.Mengatasi masalah pencernaan

Selama ribuan tahun, kunyit putih digunakan sebagai obat tradisional di beberapa negara Asia. Diolah menjadi ramuan herhal, kunyit putih membantu mengatasi masalah pencernaan. Minyak esensial dari kayu putih dapat membantu mengatasi perut kembung, buang air besar tidak teratur, hilangnya nafsu makan hingga asam lambung karena stres.

2. Masalah pernapasan

Dalam ayurveda (metode pengobatan tradisional India), masalah pernapasan disebabkan oleh cairan seperti dahak dan lendir yang menumpuk di paru-paru. Dahak dan lendir kemudian menyumbat saluran hidung sehingga menyebabkan kesulitan bernapas serta gangguan pernapasan, seperti asma, pilek dan batuk.

3. Meredakan peradangan dan nyeri

Kunyit putih memiliki sifat anti-inflamasi yang mengobati peradangan, luka dan penyakit kulit lainnya. Sifat diuretik kunyit putih membantu tubuh mendetoks racun dan kelebihan cairan di persendian.

Jika tidak didetoks, hal tersebut dapat menyebabkan radang sendi dan rematik. Selain itu, kunyit putih juga membantu mengurangi nyeri lutut karena berolahraga.

4. Obat alergi

Kandungan kurkumin pada kunyit putih mengandung antioksidan tinggi yang membantu mengurangi radikal bebas. Hal ini membantu terapi pada reaksi alergi terkait kulit. Sifat anti-alergen kunyit putih menghambat aktivitas protein pemicu inflamasi dan mencegah pelepasan bahan kimia yang memicu alergi.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut