get app
inews
Aa Read Next : POG 2024, Cara Puhua untuk Merawat Keberagaman

Aman JKN Pastikan Layanan Administrasi Peserta JKN Purwokerto Nyaman

Jum'at, 02 Agustus 2024 | 15:55 WIB
header img
BPJS Kesehatan tak henti menghadirkan beragam inovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada setiap peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- BPJS Kesehatan tak henti menghadirkan beragam inovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada setiap peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Hal ini seperti yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto dengan meluncurkan Anjungan Mandiri (AMAN) JKN yang telah beroperasi sejak Januari 2024.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto Niken Sawitri mengatakan AMAN JKN dihadirkan sebagai salah satu bentuk terobosan dalam rangka mempermudah dan mempercepat layanan informasi dan administrasi yang diberikan kepada peserta JKN. 

“Dihadirkannya AMAN JKN bertujuan untuk mempermudah peserta karena bisa menyingkat waktu. Peserta jadi tidak perlu antre untuk bertemu dengan petugas di loket,” tutur Niken.

Niken menyampaikan bahwa AMAN JKN memiliki beragam fitur layanan informasi dan administrasi yang dapat dimanfaatkan secara mandiri oleh peserta JKN.

“Jadi untuk jenis layanannya itu banyak. Misalnya peserta datang ke kantor hanya ingin menanyakan status kepesertaannya atau ingin tau tagihan iurannya itu cukup diselesaikan dengan AMAN JKN,” ucapnya.

AMAN JKN merupakan perangkat anjungan mandiri dengan teknologi Face Recognition (FR) yang memuat portal BPJS Kesehatan untuk melihat data peserta dan informasi terkait Program JKN. Terdapat enam fitur utama dari AMAN JKN yakni cek Status Peserta, Tagihan Iuran, Virtual Account, Info JKN, Cari Lokasi, dan Perubahan Data.

Peserta JKN dapat memanfaatkan fitur yang tersedia di AMAN JKN hanya dengan memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan kemudian melakukan verifikasi pengenalan wajah. Kemudahan dalam mengakses AMAN JKN juga dijelaskan lebih lanjut oleh Niken.

“Cara menggunakannya cukup mudah. Peserta yang datang nanti akan diarahkan oleh petugas. Peserta tinggal memasukan NIK nanti tinggal pilih layanan yang akan digunakan,” ujar Niken.

AMAN JKN telah dimanfaatkan oleh banyak peserta JKN salah satunya yakni Jati Narimbi (59), seorang ibu rumah tangga dari Desa Ledug Kecamatan Kembaran Banyumas yang sedang berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Purwoketo.

“Tujuan saya kesini untuk melakukan pemindahan fasilitas kesehatan. Saya orangnya gaptek jadi saya langsung ke sini. Awalnya saya tidak tau disini harus apa, tapi ternyata demikian mudahnya dengan AMAN JKN,” tutur Jati.

Jati merasakan betul dengan kemudahan yang didapatkan dengan AMAN JKN. Kenyamanan semakin dirasakan karena AMAN JKN dapat meningkatkan efisiensi waktu layanan.
“Luar biasa, semakin kesini semakin memanfaatkan teknologi yang mana ini sangat diperlukan. AMAN JKN secara pelayanan bagus karena tidak membutuhkan waktu lama dan tidak berbelit-belit. Jadi peserta JKN semakin senang,” jelasnya.

Menurut Jati perkembangan teknologi yang masif semakin memberikan peluang bagi penyedia layanan seperti BPJS Kesehatan untuk terus meningkatkan kinerjanya. Ia berharap agar BPJS Kesehatan terus mengembangkan inovasi untuk kemudahan layanan Program JKN.

“Perubahan teknologi sekarang ini sudah sangat cepat jadi harapannya dapat terus dimanfaatkan BPJS Kesehatan untuk layanan yang lebih baik lagi,” katanya.

Inovasi yang senantiasa dilakukan menunjukkan komitmen serius dari BPJS Kesehatan sebagai badan penyelenggara Program JKN untuk terus memberikan pelayanan prima yang mudah dan cepat. Niken berharap dengan beragam inovasi yang telah disediakan dapat secara maksimal dimanfaatkan oleh peserta JKN.

“BPJS Kesehatan telah mengeluarkan banyak inovasi jadi kita mengharapkan peserta dapat memanfaatkannya. Jadi peserta tanpa perlu datang ke kantor bisa melakukan apa yang mereka butuhkan lewat Aplikasi Mobile JKN. Kalau sudah terlanjur datang ke kantor kita sudah ada AMAN JKN. Jadi semua sudah terfasilitasi,” pungkas Niken.

Selain AMAN JKN, BPJS Kesehatan telah menyediakan sejumlah kanal layanan informasi dan administrasi yang dapat diakses tanpa tatap muka. Beberapa kanal tersebut diantaranya yaitu mulai dari Aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, hingga Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) di nomor 08118165165. 
 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut