get app
inews
Aa Read Next : Merdunya Suara Ranum dan Rimbun di Lomba Karaoke Kemerdekaan, Ternyata Pernah Ikut Dangdut Academy

5 Konsep Acara 17 Agustus yang Menarik dan Kreatif untuk Merayakan Kemerdekaan Penuh Semangat

Minggu, 04 Agustus 2024 | 19:07 WIB
header img
Ilustrasi bendera merah putih. Foto Istimewa

Selain bisa menikmati beragam kuliner Nusantara, pengunjung juga dapat belajar tentang sejarah dan budaya di balik setiap hidangan. Gunakan tema dekorasi yang kental akan nuansa tradisional, festival ini dapat menjadi daya tarik tersendiri. 

3. Lomba dan Pertandingan Tradisional


Lomba makan kerupuk. (Foto: iNewspurwokerto)

 

Menggelar lomba dan pertandingan tradisional seperti balap karung, panjat pinang, tarik tambang, dan lomba makan kerupuk dapat menjadi cara yang sangat seru dalam merayakan Hari Kemerdekaan. Acara ini bukan hanya menghibur, akan tetapi juga dapat mempererat kebersamaan dan solidaritas antar warga.

4. Karnaval Kemerdekaan


Kirab Merah Putih. Foto : Riant Subekti

 

Karnaval menggunakan berbagai jenis kostum dan kendaraan hias yang mencerminkan kekayaan budaya Indonesia juga bisa menjadi daya tarik utama pada perayaan 17 Agustus. 

Peserta karnaval bisa berasal dari berbagai komunitas dan sekolah, mereka dapat menampilkan berbagai tarian, nyanyian, hingga atraksi lainnya. Rute karnaval juga dapat melintasi jalan-jalan utama kota, sehingga nantinya akan banyak masyarakat yang bisa menyaksikan dan ikut merayakan.

5. Konser Musik Kemerdekaan


Ilustrasi Konser Musik. Foto: Reuters

 

Menggelar konser musik yang menampilkan berbagai genre musik dari band lokal hingga artis nasional juga dapat menjadi puncak acara yang ditunggu-tunggu. 

Konser ini dapat diadakan di alun-alun kota atau tempat terbuka lainnya menggunakan dekorasi dan panggung yang megah. Selain memberikan hiburan, konser ini juga dapat diisi dengan pesan-pesan nasionalisme dan rasa cinta tanah air.

Itulah 5 konsep acara 17 Agustus yang menarik dan dapat memberikan inspirasi bagi seluruh masyarakat untuk merayakan Hari Kemerdekaan dengan cara yang kreatif dan penuh semangat. Semoga informasi ini bermanfaat. Merdeka!

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut