get app
inews
Aa Read Next : Partai Nasdem Banyumas Pastikan Dukung Sadewo-Lintarti, Siap untuk Memenangkan

Merdunya Suara Ranum dan Rimbun di Lomba Karaoke Kemerdekaan, Ternyata Pernah Ikut Dangdut Academy

Minggu, 01 September 2024 | 10:59 WIB
header img
Bakat menyanyi Rimbun Nawacita Rahayu (8) didapatkan dari sang kakak, Ranum Embun Rahayu (19) yang merupakan mantan peserta Dangdut Academy 5. Foto: Arbi Anugrah

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Diakhir suasana HUT RI ke 79, masyarakat Desa Purwojati, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas menggelar lomba karaoke Gebyar Kemerdekaan, Sabtu (31/8) kemarin. Kegiatan yang digelar di Cluster Purwojati Residen ini diikuti sekitar 40 peserta, di mana salah satunya adalah seorang anak Sekolah Dasar (SD) yang memiliki suara emas.

Ia adalah Rimbun Nawacita Rahayu, gadis cilik berusia 8 tahun ini pernah memenangkan lomba menyanyi tingkat Kabupaten di Banyumas. Bakat menyanyinya itu ternyata Rimbun dapatkan dari sang kakak, Ranum Embun Rahayu (19) yang merupakan mantan peserta Dangdut Academy 5 yang kini menjadi guru vokal di SMK Kartek 2 Jatilawang, Kabupaten Banyumas.

"Kalau adik memang saya arahkan ke dunia nyanyi, karena adik saya juga memang saya lihat punya bakat di bidang tarik suara jadi saya latih dari umur 4 tahun. Kemarin di TK juga sempat juara 2 tingkat Kabupaten di FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional tingkat TK," kata Ranum usai mengantarkan adiknya mengikuti lomba karaoke di perumahan Purwojati Residen.

Ia mengaku jika dirinya hanya mengantarkan sang adik mengikuti lomba menyanyi untuk melatih kemampuan tarik suaranya dan mentalnya, meski pada akhirnya ia didaulat untuk ikut memberikan suara emasnya. Ia berharap apapun pilihan adiknya ke depan dibidang tarik suara bisa menjadi jembatan meraih cita-citanya. 

"Harapannya saya mendukung apapun nanti kedepannya yang jadi pilihan adik saya. Tapi karena adik saya ada bakat di bidang tarik suara, jadi harapannya menyanyi ini bisa menjadi jembatan dia untuk meraih cita-citanya," ucapnya.

Selain mendukung adiknya, Ranum juga mengkisahkan kemampuannya meraih prestasi dibidang tarik suara, hingga Ranum dipercaya menjadi guru vokal di SMK Kartek 2 Jatilawang sambil menyelesaikan kuliahnya di STIE Ibnu Sina.

"Mulai menggeluti dunia tarik suara itu sejak saya TK, sejak itu sudah mulai ikut perlombaan-perlombaan, sering menjuarai juga di ajang FLS2N. Ketika SMK saya juara 1 nasional SMK se Indonesia. Sekarang mengajar di SMK Kartek 2 Jatilawang sebagai guru farmasi dan juga guru vokal di sana," ucapnya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut