get app
inews
Aa Read Next : Gaji PNS Naik Tahun 2025, Khususnya Pegawai Fungsional Penting Bidang Kesehatan!

Viral Pemuda Batal Nikah gegara Gagal jadi PNS, Ini Tanggapan Sosiolog

Senin, 05 Agustus 2024 | 09:20 WIB
header img
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Foto: Ist

Menanggapi peristiwa tersebut, Prof. Dr. H. M. Winarno, ahli sosiologi, mengatakan bahwa di Indonesia, pekerjaan seseorang sering kali menjadi penentu status sosial mereka, dan profesi PNS dianggap sebagai pekerjaan yang bergengsi.

"Di Indonesia, pekerjaan seseorang sering kali menjadi penentu status sosial mereka. Pekerjaan sebagai PNS dianggap lebih prestisius karena menawarkan stabilitas dan berbagai fasilitas," kata Prof. Dr. H. M. Winarno dalam keterangan tertulis, Minggu (4/8/2024).

Senada dengan Prof. Dr. H. M. Winarno, psikolog Dr. Sarlito Wirawan Sarwono menyebut pekerjaan sebagai PNS sangat diminati masyarakat Indonesia karena dianggap dapat memberikan rasa aman dan stabilitas finansial.

"Banyak orang tertarik pada pekerjaan PNS karena memberikan rasa aman dan stabilitas finansial, yang merupakan kebutuhan dasar manusia," tambahnya.

Pandangan kedua ahli ini menyoroti bagaimana faktor psikologis seperti kebutuhan akan stabilitas dan rasa aman mendorong orang untuk mengejar karier di bidang PNS. Namun, penting untuk tidak hanya mengukur kesuksesan berdasarkan status PNS.

Masyarakat diminta untuk bisa mengapresiasi berbagai jalur karier, profesi, dan pencapaian individu, serta mendorong penerimaan yang lebih luas terhadap perbedaan dalam mengejar tujuan hidup.

Dengan pendekatan ini, diharapkan terbentuk masyarakat yang lebih inklusif, di mana keberhasilan tidak hanya diukur dari status sosial, tetapi juga dari kontribusi dan pencapaian pribadi yang beragam.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut