get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Purbalingga Hibahkan Tanah 17.209 Meter Persegi untuk Pembangunan Mapolres

Peringati HUT RI ke 79, Pemkab Purbalingga Bagikan 29.000 Bendera Merah Putih

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 18:35 WIB
header img
Peringati HUT RI ke 79, Pemkab Purbalingga Bagikan 29.000 Bendera Merah Putih. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id – Sebanyak 29.000 bendera Merah Putih dibagikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga kepada masyarakat di Lapangan Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Jumat (9/8/2024). Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih ini merupakan bagian gerakan nasional yang menargetkan pembagian 10 juta bendera Merah Putih menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Purbalingga, Pandi, mengatakan jika sebanyak 29.000 bendera yang berhasil dikumpulkan Pemkab Purbalingga ini akan didistribusikan kepada masyarakat di 18 kecamatan, 224 desa, dan 15 kelurahan di seluruh Kabupaten Purbalingga.


Peringati HUT RI ke 79, Pemkab Purbalingga Bagikan 29.000 Bendera Merah Putih. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

 

"Gerakan ini dilaksanakan secara nasional untuk membagikan 10 juta bendera Merah Putih. Tahun ini, kami berhasil mengumpulkan 29.000 bendera yang akan dibagikan kepada warga Kabupaten Purbalingga. Secara simbolis, bendera telah diserahkan kepada para Camat dan selanjutnya akan didistribusikan ke masyarakat," kata Pandi dalam keterangannya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) yang hadir, menekankan pentingnya mensyukuri kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia dan menjaga semangat kebangsaan. Ia juga secara simbolis menyerahkan bendera tersebut kepada seluruh Camat se-Kabupaten Purbalingga, sebagai tanda dimulainya gerakan ini. 

"Setiap bulan Agustus, kita memperingati HUT Kemerdekaan RI. Tahun ini, kita merayakan yang ke 79. Pemasangan bendera di tempat-tempat strategis dan di rumah-rumah sudah menjadi tradisi kita. Oleh karena itu, kami membagikan 29.000 Bendera Merah Putih yang nantinya akan dibagikan kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Purbalingga," ucap Tiwi.

Tiwi mengingatkan jika tahun lalu, Kabupaten Purbalingga masuk 10 besar nasional dalam gerakan pembagian bendera terbanyak dan termeriah. Ia berharap agar prestasi tersebut dapat dipertahankan pada tahun ini.

"Dengan gerakan ini, kami berharap semangat kecintaan kepada NKRI dapat semakin meningkat, serta persatuan dan kesatuan masyarakat Purbalingga semakin kuat," ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Purbalingga untuk memasang bendera Merah Putih di rumah masing-masing selama bulan Agustus. Hal ini sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut