get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Bupati Banyumas Bagikan 1.409 Bendera Merah Putih, Dipasang Diperbatasan Wilayah

Senin, 31 Juli 2023 | 14:41 WIB
header img
Bupati Banyumas Bagikan 1.409 Bendera Merah Putih, Dipasang Diperbatasan Wilayah. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023, Bupati Banyumas Achmad Husein membagikan bendera Merah Putih kepada Camat dan Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Senin (31/7/2023). Pembagian Bendera Merah Putih di Halaman Pendopo Si Panji Purwokerto merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan rasa nasionalisme warga negara Republik Indonesia dan cinta kepada tanah air.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Banyumas Eko Heru Surono mengatakan pembagian bendera merah putih di Kabupaten Banyumas sendiri didistribusikan kepada daerah-daerah yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Banyumas. Wilayah yang berbatasan langsung ini masing-masing diberikan 100 buah bendera merah putih, diantaranya Kecamatan Sumpiuh, Tambak, Kemranjen, Somagede, Sokaraja, kembaran, Rawalo, Kebasen, Jatilawang, Wangon, Lumbir, Pekuncen, Gumelar dan Sumbang. 

Heru berharap pemasangan bendera merah putih juga harus disikapi dengan rasa menjunjung tinggi makna kemerdekaan, terlebih momentum kemerdekaan RI harus menjadi langkah awal untuk melakukan introspeksi diri untuk terus berubah ke arah yang lebih baik, sehingga mampu tumbuh menjadi karakter dan berkepribadian yang unggul.

"Kami telah mengumpulkan sedikitnya 1.409 Bendera Merah Putih yang akan didistribusikan untuk warga di Kecamatan Perbatasan. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut Gerakan 10 juta Bendera Merah Putih yang merupakan gerakan dari pemerintah pusat, dalam membagikan bendera kepada masyarakat luas di seluruh wilayah Indonesia," kata Heru dalam keterangannya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Banyumas Achmad Husein berharap kegiatan yang dilaksanakan, tidak hanya semata sebagai pemasangan bendera secara simbolik, melainkan diikuti dengan langkah-langkah internalisasi dan disikapi dengan menjunjung tinggi semangat kemerdekaan dan persatuan. 

Menurutnya dengan merah putih, Bangsa Indonesia dapat menyatukan segala perbedaan dan menguatkan jalinan persaudaraan. Ia juga meminta kepada Aparatur Sipil Negara atau ASN, untuk tidak hanya memaknai bendera merah putih sebagai simbol saja, melainkan harus mengerti makna dan filosofi didalamnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut