get app
inews
Aa Read Next : Relawan Jokowi Dukung Petahana Arif Sugiyanto Maju Lagi dalam Pilkada Kebumen

Kapolda Jateng Ungkap Pemicu Ledakan Petasan di Kebumen, Ternyata Ini

Jum'at, 14 Mei 2021 | 12:02 WIB
header img
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberikan keterangan terkait ledakan petasan di Kebumen

KEBUMEN, iNews.id- Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Ahmad Luthfi turun ke Desa Ngabean, Kecamatan Mirit, Kebumen. Kapolda mengungkap pemicu ledakan petasan yang mengakibatkan empat orang tewas.

Kapolda mengatakan bahwa dirinya sudah sampai ke tempat kejadian perkara (TKP) dan berdasarkan hasil penyidikan Inafis Labfor, yang meledak adalah bahan mercon atau petasan. “Saya tadi dari TKP. Berdasarkan penyidikan Inafis Labfor, sudah dipastikan itu adalah hasil senyawa bahan mercon yang meledak,”kata Kapolda di Kebumen pada Jumat (14/5/2021).

Menurut Kapolda, penyebab terjadinya ledakan sudah diketahui, yaitu rokok. Sebab, mereka melakukan peracikan mercon sambi merokok. “Karena meracik mercon sambil merokok, maka akhirnya meledak. Ada korban jiwa dan rumahnya bubrah (hancur, red),”jelasnya.

Kapolda juga menunjukkan bukti-bukti korban yang kondisinya memprihatinkan. Selain foto korban, juga ada foto-foto baju korban. Ledakan tersebut memang dahsyat, meski kategori bahan mercon atau bahan peledak (handak) adalah low explosive.

“Polisi juga masih menemukan barang bukti berupa 4 kg bahan mercon dan 400 selongsong mercon. Kita belum tahu apakah mereka akan menjual mercon atau tidak. Karena baru satu saksi korban yang bisa diperiksa,”ujarnya.

Seperti diketahui, peristiwa meledaknya petasan di Desa Ngabean tersebut menyebabkan dua orang tewas di TKP dan dua lainnya di RS. Empat korban meninggal adalah Rio Pangestu (22), Muhammad Taufik Hidayat (27), Rizky (19) dan Sugiyanto (23).

Polisi, kata Kapolda, akan terus mengembangkan kasus meledaknya bahan petasan tersebut, termasuk mencari tahu secara detail pasokan bahan petasan. Sampai sekarang, sudah ada 16 saksi yang diperiksa.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut